Cyclist Merauke Datang Lebih Awal ke Surabaya, Demi Bisa Latihan untuk Bromo KOM


Rolly ketika gowes di Merauke lintas batas NKRI dengan Papua Nugini 

Tak salah jika banyak yang menyebut Bromo KOM Challenge sebagai "Naik Haji"-nya cyclist. Atau "Kenduri"-nya para pesepeda, penikmat rute menanjak.

Hal itu dibuktikan menjelang pelaksanaan Antangin Bromo KOM Challenge 2023, makin banyak cyclist yang mempersiapkan diri. Mereka banyak yang membagikan momen latihan itu ke akun-akun media sosial Mainsepeda.com.

Antusias yang sama ini juga terjadi pada Khoesuma Rolly, cyclist dari Merauke yang tergabung di Komunitas Freedom.

“Saya rasa Bromo KOM adalah salah satu event sepeda terbesar di Indonesia. Event ini juga sudah terkenal bahkan sampai ke luar negeri. Saya penasaran ikut karena di daerah saya, di Merauke, kebanyakan rutenya datar. Jadi saya juga ingin mencoba rute tanjakan,” ujar Rolly.

Tahun ini merupakan kali pertama Rolly mengikuti event Mainsepeda. "Saya mendengar event mainsepeda dari teman-teman yang pernah mengikuti. Ini yang membuat saya tertarik berpartisipasi di event yang dibuat mainsepeda,".

Perjuangan Rolly untuk bisa mengikuti Antangin Bromo KOM Challenge 2023 patut diacungi jempol. Apalagi bagi cyclist seperti Rolly yang harus berangkat dari Merauke. 

Pertama tentunya soal biaya. Tiket pesawat PP penumpang dan sepeda setidaknya membutuhkan dana sekitar 10 juta. "Di luar itu, waktu juga harus dipersiapkan sebaik mungkin karena perjalanan dari Merauke ke Jawa itu butuh waktu sekitar dua hari untuk transport  pesawat, belum lagi biaya yang dibutuhkan untuk akomodasi, makan, dan lainnya,” ceritanya.


Rolly bersama rombongan komunitas Freedom ketika gowes di Merauke

Karena medan di Merauke dan Bromo yang berbeda, Rolly sudah mulai melakukan berbagai persiapan agar finis bahagia di Antangin Bromo KOM Challenge 2023.

“Kebetulan saya sudah berada di Surabaya sejak awal bulan lalu. Saya sempat diajak teman-teman cyclist berlatih di UC LOOP, Pakuwon Hill, Rute ke Cheng Ho Pandaan, rute ke Cimory Tretes, rute ke arah Nongkojajar, dan beberapa tempat lain di sekeliling Surabaya,” jelasnya.(mainsepeda)

Download GPX Bromo KOM 2023: https://bit.ly/RUTEBROMOKOM2023

Jangan lupa tonton video cek rute Bromo KOM Challenge 2023


COMMENTS