Diwarnai Insiden Kecelakaan, Kaden Groves Berhasil Menjadi Juara Etape Lima


Selebrasi Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck) ketika berhasil memenangkan etape ke-5 Giro d'Italia

Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck) berhasil memenangkan etape lima Giro d’Italia di Salerno. Pembalap Australia ini mengalahkan Jonathan Milan (Bahrain Victorious) yang berada di posisi kedua dan disusul Mads Pedersen (Trek-Segafredo) di posisi ketiga.

Balapan di etape kelima juga diwarnai kecelakaan, yang melibatkan beberapa pembalap ternama.

Groves memenangkan etape pertamanya, setelah terakhir ia meraihnya di Grand Tour di Vuelta a España 2022. Serunya, Groves juga sempat terjatuh bersama pembalap lainnya. Namun ia berhasil bangkit dan memenangkan etape.

“Semaunya berjalan baik pada awal balapan hingga saya terjatuh di beberapa kilometer menjelang finis. Saya sempat mengalami kendala pada rantai sepeda. Beruntung bisa segera mengganti sepeda dengan cepat dan kembali balapan,” kata Groves, dilansir dari Cyclingweekly.

Ia mengaku sangat beruntung karena timnya berada di posisi yang bagus untuk mengejar Team DSM yang memimpin di depan. "Saya kemudian melakukan serangan dan berhasil menjadi juara,” ungkapnya. Kemenangan di Giro merupakan salah satu mimpi pembalap berusia 24 tahun itu.


Mark Cavendish (Kanan) dan Andrea Verdamme (Kiri) ketika terjatuh di beberapa kilometer jelang finis

Cuaca yang ekstrim memang menjadi tantangan terbesar di etape lima Giro d’Italia. Di awal balapan Stefano Gandin (Corratec), Samuele Zoccarato (Green Project-Bardiani-CSF-Faizanè) dan Thomas Champion (Cofidis) sempat memimpin balapan hingga terjadi insiden kecelakaan yang disebabkan anjing liar yang menyerang ke lintasan.

Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step) dan rekan setimnya, Davide Ballerini, terjatuh. Namun Evenopoel masih bisa melanjutkan balapan.

Balapan sempat dihentikan di wilayah Campania atau tujuh kilometer menjelang finis karena kondisi hujan yang semakin ekstrim.

Beberapa saat kemudian ketika balapan dimulai kembali terjadi kecelakaan besar lainnya, yang menyebabkan Groves dan beberapa pembalap lainnya terjatuh.

Primož Roglič (Jumbo-Visma) juga terlihat terlibat insiden kecelakaan hingga dia terpaksa harus memakai sepeda dari rekan setimnya Koen Bouwman.

Tidak selang lama Evenepoel terjatuh untuk kedua kalinya saat balapan menyisakan tiga kilometer lagi. Mark Cavendish  (Astana Qazaqstan) pun segera menyusul ketika para pembalap yang berada di posisi terdepan bertarung memperebutkan kemenangan.

Meskipun terlibat dalam salah satu kecelakaan menjelang finis, Andreas Leknessund (DSM) tetap mempertahankan posisi terdepan, dan akan mengenakan Maglia Rosa sekali lagi di etape enam.

Cavendish terlihat seperti akan merebut posisi terdepan, namun pembalap asal Inggris ini terlihat bersenggolan dengan pembalap lain kemudian akhirnya kehilangan kendali dan terjatuh.

Beberapa pembalap tampak terluka saat mereka melewati garis finis, dan banyak yang masih terlihat mengobati luka-luka mereka setelah melalui hari yang sulit di tengah hujan deras, di balapan yang berakhir di Salerno, Italia Selatan itu. (mainsepeda)

 

Hasil Giro d'Italia Etape Lima (Top Ten)
1. Kaden Groves, Alpecin-Deceuninck, 4 jam 30 menit 19 detik
2. Jonathan Milan, Bahrain Victorious, "
3. Mads Pedersen, Trek-Segafredo,"
4. Alberto Dainese, DSM, "
5. Mark cavendish, Astana Qazaqstan, "
6. Nicolas Dalla Valle, Corratec, "
7. Mirco Maestri, Eolo-Kometa,"
8. Filippo Fiorelli, Green Project-Bardiani CSF, "
9. Andrea Vendrame, AG2R Citroën, "
10. Michael Matthews, Jayco-AIUla, "

General Classification
1. Andreas Leknessund, DSM, 19 jam 6 menit 3 detik
2. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +28 detik
3. Aurelien Paret-Peintre, AG2R Citroën, +30 detik
4. Joao Almeida, UAE Team Emirates, +1 menit
5.  Primož Roglič, Jumbo-Visma, 1 menit 12 detik
6. Geraint Thomas, Ineos Grenadiers, 1 menit 26 detik
7. Aleksandr Vlasov, Bora-Hansgrohe, "
8. Tom Skuijns, Trek-Segafredo, 1 menit 29 detik
9. Tao Geoghegan Hart, Ineos Grenadiers 1 menit 30 detik
10. Vincenzo Albanese, Eolo-Kometa, 1 menit 39 detik

 


COMMENTS