Atlet-Atlet Muda MTB Sukses Penuhi Target Medali SEA Games 2023


Dara Latifah meraih emas (dua dari kanan) dan Ihza Muhammad (tiga dari kanan) meraih perunggu di nomor Cross Country Eliminator (XCE) di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja (8/5).

Tim Balap Sepeda Indonesia berhasil mengumpulkan empat emas SEA Games 2023. Dari disiplin mountain bike (MTB) juga meraih satu perak dan satu perunggu. Catatan itu juga bisa bertambah lagi. Sebab, disiplin road bike akan bertanding pada 11-13 Mei mendatang.

MTB sendiri mendominasi empat dari lima nomor yang dipertandingkan. Dara Latifah menyumbangkan emas keempat pada nomor Cross Country Eliminator (XCE) putri, Senin (9/5) di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja.

Pada nomor tersebut, Dara mengalahkan Ariana The Patrice Evangelista (Filipina) di posisi kedua dan Warinthorn Phetpraphan (Thailand) di posisi ketiga. Selain itu, ini menjadi emas kedua Dara setelah merebut podium tertinggi pada nomor Mixed Cross Country Relay (XCR) bersama Sayu Bella Sukma Dewi, Zaenal Fanani, dan Feri Yudoyono. 

Sebelumnya Sayu Bella Sukma Dewi menjadi peraih emas pertama pada nomor XCO putri. Kemenangan Sayu ini sekaligus mengakhiri paceklik emas pada XCO putri yang terakhir kali diraih pada SEA Games 2013 oleh Kusmawati Yazid.

Feri Yudoyono menyumbang emas kedua pada nomor Cross Country Olympic (XCO) putra. Posisi kedua ditempati oleh Zaenal Fanani. Sementara itu Ihza Muhammad meraih perunggu pada nomor XCE putra. Ia harus mengakui keunggulan Methasit Boosane (Thailand) dan Khim Menglong (Kamboja).

Pelatih Tim Balap Sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo mengaku takjub dengan capaian ini. Pasalnya para peraih emas itu merupakan pembalap-pembalap usia muda. Dara dan Feri sendiri baru debut dalam SEA Games ini.

“Mereka adalah atlet yang berusia 19-20 tahun. Jadi sangat potensial. Kesuksesan ini bukan sekadar meraih emas. Tetapi atlet yang mendapatkannya adalah mereka yang muda. Jadi ini modal yang sangat bagus untuk balap sepeda Indonesia,” kata Dadang dalam rilis resmi PB ISSI.

Dadang sendiri mengakatan sebenarnya target MTB hanya dua emas. Sedangkan dua sisanya ditargetkan ke roadbike. “Tapi atlet Indonesia mampu mencapai, bahkan melebihi target. Kita hanya lepas di satu nomor,” lanjut Dadang.

Road bike sendiri akan mempertandingkan empat nomor. Masing-masing criterium dan open road race untuk kategori putra dan putri. Pertandingan itu akan digelar di Angkor Wat, Siem Reap.(mainsepeda)

Foto: PB ISSI


COMMENTS