Amstel Gold Race Balapan Terbesar di Belanda

Amstel Gold Race termasuk salah satu event balap sepeda satu hari paling bergensi di dunia. Event ini diadakan setiap tahun di Belanda. Perlombaan ini pertama kali diselenggarakan pada 1966. Dan, sejak 2011 perlombaan ini masuk bagian dari UCI World Tour.

Perlombaan ini berlangsung di selatan Belanda wilayah Limburg. Rutenya sejauh 252,8 km. Perlombaan ini dimulai dari Maastricht dan berakhir di Berg en Terblijt. Balapan yang dijuluki Limburg Moiste atau dalam bahasa Indonesia berarti Limburg yang indah ini ternyata terkenal karena memiliki tanjakan yang menantang. Lebih dari 30 bukit serta turunan yang curam dan yang paling terkenal adalah tanjakan Cauberg.

Amstel Gold Race dikenal karena hasil balapan ini yang tidak dapat diprediksi sama sekali. Karena rute dari Amstel Gold Race membutuhkan perpaduan antara daya tahan, kekuatan, dan strategi. Perlombaan biasanya ditentukan di beberapa kilometer terakhir, ketika pembalap berada di Gulperberg yang memiliki rata-rata elevasi 8,1 persen. Di tanjakan ini biasanya setiap tim akan mencoba melepaskan diri dari peloton untuk mengklaim kemenangan.

Sejak awal Amster Gold Race diadakan sudah banyak nama besar yang berkompetisi di balapan ini. Seperti Eddy Merckx, Bernard Hinault, Jan Raas, dan Philippe Gilbert hingga pembalap modern saat ini seperti Wout Van Aert dan Mathieu Van der Poel.

Jan Raas masih menjadi pemegang rekor kemenangan terbanyak di Amstel Gold Race, Legenda pembalap asal Belanda itu berhasil memenangkan perlombaan ini sebanyak lima kali di tahun 1977, 1978, 1979, 1980, dan 1982.

Amstel Gold Race 2023 akan diadakan pada 16 April, Beberapa nama besar sudah menkonfirmasi keikutsertaanya di balapan ini. Seperti Tadej Pogacar (UAE Team Emirates), Neilson Powless (EF Education-Easypost), Pello Bilbao (Bahrain Victorious), Sergio Higuita (BORA-Hansgrohe), Thomas Pidcock (Ineos-Grenadiers, termasuk juara tahun lalu Michal Kwiatkowski (Ineos Grenadiers). Menarik dinantikan siapakah yang akan berhasil menguasai Limburg di akhir pekan ini.(Mainsepeda)

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2

Nantikan keseruan video EJJ 2023 kategori 1.200 Km yang tayang Rabu 19 April 2023.


COMMENTS