Tour Basque Country : Vingegaard Menjinakkan Basque Country

 Jonas Vingegaard(Jumbo-Visma) berhasil memenangkan etape terakhir di Tour Basque Country dan sekaligus menyegel gelar juara pertama untuknya dibalapan etape ini.

Serangan adalah pertahanan terbaik mungkin hal yang tepat bila disematkan kepada Vingegaard saat memenangkan etape ke-6 di Basque Country pada (8/4). Juara Tour de France 2022 itu berhasil memenangkan perlombaan dengan solo jarak jauh.

Vingegaard meninggalkan saingan di belakangnya ketika mencapai tanjakan ketujuh menuju Eibar. Vingegaard dibantu rekan setimnya untuk melakukan Breakaway dan berhasil memimpin perlombaan di Eibar dengan jarak total 138km itu.  Vingegaard dibantu rekan setimnya Atilla Valter dan Steven Kruijswijk berhasil memimpin didepan ketika lomba berjarak 30 km menjelang finis.

Dari sana ia terus memimpin perlombaan sampai ke garis finis tanpa perlawanan yang berarti. Ia meluncur ke garis finis hingga satu menit didepan cyclist lainya, dan mengakhiri perlombaan dengan pose meniupkan ciuman ke penonton dan kamera saat kilometer terakhir.

James Knox (Soudal-QuickStep) menempati posisi kedua setelah melakukan serangan kepada peloton didepanya yang kurang terorganisir dengan baik, kemudian Ion Izaguirre (Cofidis) finis di posisi ketiga beberapa saat kemudian.

Bonus Empat detik yang didapatkan Ion sudah cukup untuk membuatnya naik dari urutan keenam di general classification (GC) ke urutan ketiga dan berhasil naik ke podium terakhir. Ion berhasil menyalip David Gaudu (Groupama-FDJ) dan Mattias Skjelmose (Trek-Segafredo) yang juga berada di dalam peloton.

Mikel Landa (Bahrain Victorious) harus puas berada di posisi kedua. Ia bersama rekan setimnya Hermann Pernsteiner sudah mencoba berbagai cara untuk menyerang Vingegaard namun tidak ada satupun yang berhasil.

“Ini adalah hari yang berat, tapi berakhir baik bagi kami”, ujar Vingegaard setelah memastikan kemenanganya dilansir dari cyclingweekly.

Ini merupakan kemenangan balapan etape pertama “The Dane” (julukan Vingegaard) di level WorldTour. “Sekali lagi saya harus berterima kasih kepada rekan satu tim saya, hari ini mereka sangat luar biasa dan kami melakukan pekerjaan sempurna hari ini”, tambah Vingegaard.

“Ketika sampai di rute pendakian terakhir, saya berpikir kami harus melakukan serangan disini. Karena di pertandingan terakhir saya tidak berusaha cukup keras, saya berpikir saya harus melakukanya dengan baik kali ini”, tutup Vingegaard. (Mainsepeda)

 

Hasil Etape 6 Tour Basque Country (top ten)
1. Jonas Vingegaard (DEN), Team Jumbo–Visma, 3h 36' 42"
2. James Knox (GBR), Soudal–Quick-Step, + 49"
3. Ion Izagirre (ESP), Cofidis, + 49"
4. Brandon McNulty (USA), UAE Team Emirates, + 49"
5. Sergio Higuita (COL), Bora–Hansgrohe, + 49"
6. David Gaudu (FRA), Groupama–FDJ, + 49"
7. Mauro Schmid (SUI), Soudal–Quick-Step, + 49"
8. Simon Yates (GBR), Team Jayco–AlUla, + 49"
9. Felix Gall (AUT), AG2R Citroën Team, + 49"
10.Enric Mas (ESP), Movistar Team, + 49"

General Classification (top ten)

1. Jonas Vingegaard (DEN), Team Jumbo–Visma, 24h 45' 24"
2. Mikel Landa (ESP), Team Bahrain Victorious, + 1' 12"
3. Ion Izagirre (ESP), Cofidis, + 1' 29"
4. David Gaudu (FRA), Groupama–FDJ, + 1' 31"
5. Enric Mas (ESP), Movistar Team, + 1' 36"
6. Sergio Higuita (COL), Bora–Hansgrohe, + 1' 37"
7. Brandon McNulty (USA), UAE Team Emirates, + 1' 38"
8. James Knox (GBR), Soudal–Quick-Step, + 1' 38"
9. Simon Yates (GBR), Team Jayco–AlUla, + 1' 39"
10.Felix Gall (AUT), AG2R Citroën Team, + 1' 50"

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2

Nantikan keseruan video EJJ 2023 kategori 1.200 Km yang tayang Rabu 19 April 2023.

 

 

 

 

 


COMMENTS