Bernal tak Cedera Serius Usai Kecelakaan di Volta a Catalunya 2023

Egan Bernal (Ineos Grenadiers) gagal menuntaskan Volta a Catalunya 2023. Perjalanan pembalap asal Kolombia ini terhenti di etape 6 pada Sabtu (25/3). Insiden ini diyakini tidak memberikan dampak besar ke kondisi Bernal. Bahkan ia diyakini bisa tampil di Itzulia Basque Country pada awal April nanti.

Insiden itu terjadi pada 90 km menuju finis. Bernal mengalami crash bersama tiga pembalap lainnya. Kejadian ini membuat pembalap 26 tahun tersebut harus meninggalkan balapan. Bernal langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Dari hasil pemeriksaan, tidak ada cedera vital akibat insiden itu.

"Penilaian medis lebih lanjut akan dilanjutkan selama beberapa hari ke depan. Juga perawatan untuk lecet kulit yang dideritanya," bunyi keterangan resmi Ineos Grenadiers.

Volta a Catalunya 2023 adalah balapan pertama Bernal setelah ia mengundurkan diri dari Vuelta a San Juan di penghujung Januari lalu. Bernal merasakan nyeri di lutut kirinya. Problem ini membuatnya absen selama tiga pekan dari balap sepeda.

Terlepas dari insiden di Catalan, Bernal berniat tampil di ajang Itzulia Basque Country. Ia berharap tampil di ajang Itzulia Basque Country yang akan start 3 April nanti. Balapan ini akan menjadi salah satu pemanasan sebelum berlomba di Tour de France pada Juli mendatang.

"Saya ingin pergi ke Tour de France. Ini balapan paling penting di dunia dan sudah menjadi tujuan saya sejak awal tahun. Waktu akan mengatakan jika saya siap. Kalau saya tidak bagus, lebih baik saya tidak pergi," ujar Bernal di sela Volta a Catalunya.

Bernal sebenarnya mencoba berpikir realistis. Ia mempersiapkan berbagai rencana terkait kemungkinan-kemungkinan jika ia dianggap tidak cukup fit untuk Tour de France. "Musim masih panjang dan masih banyak balapan tersisa. Jadi yang penting membidik yang lain," bilang Bernal. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128

Foto: Getty Images


COMMENTS