Primoz Roglic (kiri) dan Remco Evenepoel berpelukan selepas finis Etape 7 Volta a Catalunya, Minggu (26/3)

Giro d'Italia 2023 dipastikan sangat seru. Sebab ada dua pembalap hebat yang akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Italia. Mereka adalah Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep). Persaingan kedua superstar di Negeri Pisa nanti akan menjadi ulangan rivalitas mereka di La Vuelta a Espana 2022.

Roglic dan Evenepoel adalah dua pembalap yang bersaing menjadi juara di La Vuelta tahun lalu. Sayang, cedera bahu memaksa Roglic memutuskan mundur sebelum dimulainya Etape 17. Keputusan ini membuatnya kehilangan kesempatan untuk menjuarai La Vuelta selama empat kali secara berturut-turut. La Vuelta akhirnya menemukan juara baru, yakni Evenepoel.

Roglic tak lagi membalap setelah La Vuelta 2022. Ia menjalani operasi pada penghujung tahun lalu. Roglic ingin masalah di bahunya itu benar-benar tuntas. Ketika ia mendapatkan perawatan medis, Evenepoel membuat keajaiban berikutnya, yakni menjadi juara dunia road 2022.

Sekarang Roglic sudah benar-benar pulih. Ia bahkan sudah tampil di dua balapan pada awal musim ini, yakni Tirreno-Adriatico dan Volta a Catalunya. Kedua lomba ini merupakan persiapan terakhirnya menuju Giro yang akan start pada 6 Mei mendatang.

Serangkaian kegagalan pada musim 2022 memang membuat Roglic terpinggirkan dalam skuad Jumbo-Visma untuk Tour de France 2023. Sebagai gantinya, pembalap 33 tahun tersebut difokuskan untuk bersaing di Giro d'Italia 2023.

Meski demikian, Roglic tetap santai dan menikmati proses. Apalagi ia baru pulih dari cedera bahu. Sejauh ini perjalanannya sudah on the track. Roglic memenangi Tirreno-Adriatico 2023 pada pertengahan Maret lalu. Kemudian menjadi juara overall di Volta a Catalunya pada Minggu (26/3).

Perjalanan Roglic di Volta a Catalunya begitu menyita perhatian. Sebab ia bersaing ketat dengan Evenepoel untuk menjadi yang terbaik di Catalan. Kedua pembalap ini sama-sama merebut dua kemenangan etape di event ini.

Roglic lah yang berhak menyandang gelar juara overall. Usai mempertahankan posisinya di puncak General Classification (GC) hingga etape pemungkas, Minggu malam. Sebagai juara, ia memberikan atensi besar untuk Evenepoel. "Membalap melawan Remco tidak pernah membosankan," aku Roglic selepas etape 6 pada Sabtu (25/3).

Persaingan antara Roglic dengan Evenepoel di Volta a Catalunya 2023, merupakan cerminan rivalitas mereka di Giro 2023 mendatang. Evenepoel menjadi debutan di Giro nanti. Sedangkan Roglic sudah dua kali tampil di ajang ini. Pencapaian terbaik mantan atlet ski jumping tersebut adalah finis ketiga di Giro 2019 silam.

"Kami telah mencoba untuk menyingkirkannya. Tetapi ia adalah Primoz Roglic. Di mata saya ia adalah pembalap terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Ia memiliki begitu banyak podium di Grand Tour. Ia memenangkan Vuelta berturut-turut. Ia adalah idola saya. Sangat menyenangkan bisa balapan dengannya," sebut Evenepoel. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128

Foto: Cor Vos


COMMENTS