Laporte dan Van Aert Finis 1-2 Gent-Wevelgem 2023

Setahun lalu Christophe Laporte mengantarkan koleganya di tim Jumbo-Visma, Wout van Aert menjadi juara E3 Saxo Bank Classic 2022. Pada tahun ini giliran Van Aert yang membalas budi. Ia mengawal kemenangan Laporte di Gent-Wevelgem 2023.

Dua jagoan Jumbo-Visma ini begitu mendominasi Gent-Wevelgem 2023. Balapan ini menempuh rute sepanjang 260,9 km. Dari Ypres menuju Wevelgem. Gent-Wevelgem 2023 menghadirkan tanjakan-tanjakan pendek nan menantang. Juga enam segmen cobblestone.

Laporte dan Van Aert menunggu hingga seperlima akhir lomba untuk memulai serangan. Mereka bergegas meninggalkan rombongan besar saat balapan masih menyisakan 53 km. Keduanya benar-benar tidak terjangkau oleh kelompok pengejar. Bahkan mampu menjaga gap hingga dua menit.

Pada akhirnya Laporte dan Van Aert finis bersamaan. Mereka bergandengan tangan saat melintasi garis akhir di Wevelgem, Minggu (26/3). Laporte dinyatakan sebagai juara. Van Aert finis kedua. Mereka mencatat waktu 5 jam 49 menit 39 detik. Posisi ketiga dihuni Sep Vanmarcke (Israel–Premier Tech) dengan gap 1 menit 56 detik.

"Sekarang saya dapat berbangga diri karena telah memenangkan balapan klasik yang hebat. Tanpa mengurangi kemenangan sebelumnya, ini adalah salah satu kemenangan terbaik dalam karier saya," ungkap Laporte selepas balapan.

Pembalap asal Prancis ini hampir menjuarai Gent-Wevelgem tahun lalu. Namun ia dipaksa puas dengan posisi runner-up oleh Biniam Girmay (Intermarche - Circus - Wanty). "Saya sudah dekat tahun lalu, tetapi akhirnya saya melakukannya sekarang," imbuh Laporte.

Ini bukan kali pertama Laporte dan Van Aert finis bersamaan. Pada musim lalu, keduanya juga finis berbarengan bersama Primoz Roglic di etape pembuka Paris-Nice 2022. Laporte menang. Roglic dan Van Aert di posisi kedua dan ketiga.

Kejadian serupa terjadi di E3 Saxo Bank Classic 2022. Laporte dan Van Aert finis bersamaan di Harelbeke. Ketika itu Van Aert dinyatakan sebagai juara dan Laporte finis kedua. Sekarang, Laporte diberikan kesempatan untuk menikmati podium utama di Gent-Wevelgem 2023.

"Saya harus berterima kasih kepada Wout. Bahwa seorang juara hebat sepertinya memberi saya kemenangan yang tak terlukiskan. Mungkin terlihat mudah bagi dunia luar. Tetapi saya dapat mengatakan bahwa kami benar-benar menderita hari ini," ungkapnya.

Sementara itu, Van Aert tidak masalah walaupun hanya finis kedua di Gent-Wevelgem 2023. Menurutnya, hasil di Gent-Wevelgem tahun ini adalah buah kerja sama tim yang solid.

"Kemenangan ini sangat layak karena Christophe adalah pemain tim yang hebat. Sehingga itu adalah keputusan yang mudah bagi saya. Ia bukan hanya seorang kolega, tetapi juga seorang teman yang sangat baik," aku Van Aert dalam laman resmi Jumbo-Visma.

Berikutnya, Laporte dan Van Aert akan berkolaborasi lagi di Tour of Flanders pada 2 April mendatang. Jumbo-Visma akan berusaha untuk menjuarai balapan ini dengan menurunkan skuad terbaik. Selain dua nama itu, tim asal Belanda tersebut diperjuat Tiesj Benoot, Dylan van Baarle, Tosh van der Sande, Nathan van Hooydonck, serta Edoardo Affini. (mainsepeda)

Hasil Gent-Wevelgem 2023 (Top Ten)
1. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo–Visma 5 jam 49 menit 39 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo–Visma +0
3. Sep Vanmarcke (Belgia), Israel–Premier Tech +1:56
4. Frederik Frison (Belgia), Lotto–Dstny +1:56
5. Mads Pedersen (Denmark), Trek–Segafredo +1:56
6. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE Team Emirates +1:56
7. Alexis Renard (Prancis), Cofidis +2:04
8. Olav Kooij (Belanda), Jumbo–Visma +2:04
9. Danny van Poppel (Belanda), Bora–Hansgrohe +2:04
10. Daniel McLay (Britania Raya), Arkea–Samsic +2:04

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128

Foto: Getty Images


COMMENTS