E3 Saxo Bank Classic 2023: Van Aert Menang, Van der Poel dan Pogacar Gigit Jari

Battle of titans, itulah tajuk yang disematkan media internasional untuk menggambarkan persaingan di E3 Saxo Bank Classic 2023, Jumat (26/3) malam waktu Indonesia. Tiga raksasa balap sepeda, Wout van Aert, Mathieu van der Poel, dan Tadej Pojacar bersaing untuk memenangi balapan ini.

E3 Saxo Bank Classic merupakan pembukaan dari minggu terakbar di Flanders. Event ini menjadi pendahulu bagi balapan seru lainnya. Seperti  Gent-Wevelgem, Dwars door Vlaanderen, serta race yang paling penting, Tour of Flanders 2023.

E3 Saxo Bank Classic 2023 merupakan one day race yang berlangsung di Harelbeke. Panjang rutenya 204,1 km. Terdapat sepuluh segmen cobblestone yang tersebar di sepanjang rute. Sebanyak 173 pembalap dari 25 tim peserta berpartisipasi di ajang ini.

Setelah bendera start dikibarkan, peloton baru terpecah memasuki Km 171. Terdapat lima pembalap yang melakukan breakaway. Mereka adalah Thomas Bonnet (TotalEnergies), Mathias Norsgaard (Movistar), Kelland O'Brien (Jayco AlUla), Mathis Le Berre (Arkea-Samsic) dan Martin Urianstad (Uno-X).

Kelompok breakaway tidak bertahan lama. Mereka tertangkap peloton di sisa 80 km. Kemudian berbagai upaya untuk untuk melepaskan diri dari rombongan besar dilakukan oleh sekelompok pembalap. Hingga akhirnya enam orang berhasil memisahkan diri dari peloton. Van Aert, Van der Poel, dan Pogacar termasuk di dalamnya.

Ketiga superstar itu benar-benar tangguh. Mereka meninggalkan semua pembalap dengan jarak sekitar 40 km lagi. Ketiganya terus bersama hingga kilometer pemungkas. Adu sprint menjadi penentu siapa pembalap terbaik di E3 Saxo Bank Classic.

Hasilnya, Van Aert berhasil menjadi juara. Pembalap tim Jumbo-Visma itu finis dengan catatan waktu 4 jam 44 menit 59 detik. Van der Poel (Alpecin-Deceuninck) dan Pogacar (UAE Team Emirates) finis kedua dan ketiga dengan catatan waktu yang sama.

Ini merupakan kemenangan pertama Van Aert musim ini. Sekaligus kemenangan victory keduanya di E3 Saxo Bank Classic. Pencapaian ini menjadikan Van Aert sebagai pembalap pertama sejak Fabian Cancellara pada 2010/2011 yang memenangkan E3 Saxo Bank Classic berturut-turut.

"E3 Saxo Classic adalah salah satu balapan terbesar di musim semi. Ketika Anda bisa memenangkannya untuk tahun kedua berturut-turut, itu adalah perasaan yang luar biasa," kata Van Aert setelah finis.

Selain bergembira atas kemenangan keduanya di E3 Saxo Bank Classic, Van Aert juga menikmati pertarungan melawan Van der Poel dan Pogacar. Sebelumnya, ketiga rider ini, dan juga Filippo Ganna (Ineos Grenadiers), bersaing ketat di Milan-San Remo 2023.

"Itu adalah pertarungan yang intens, yang membuat kemenangan ini semakin istimewa bagi saya. Saya bisa bangga pada diri saya dan tim. Sungguh luar biasa bersaing di level ini melawan orang-orang yang sangat kuat," ungkapnya. (mainsepeda)

Hasil E3 Saxo Bank Classic 2023 (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 44 menit 59 detik
2. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Deceuninck +0
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +0
4. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +33
5. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +44
6. Stefan Kung (Swiss), Groupama-FDJ +56
7. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain-Victorious +56
8. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +1:25
9. Soren Kragh Andersen (Denmark), Alpecin-Deceuninck +1:31
10. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +1:31

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128

Foto: Getty Images, Cor Vos


COMMENTS