Volta a Catalunya 2023: Sangat Sengit, Roglic Kalahkan Evenepoel di Etape 5

Etape 5 Volta a Catalunya benar-benar seru. Balapan yang berlangsung Jumat (24/3) itu mempertontonkan persaingan sengit antara dua kandidat juara Giro d'Italia 2023, yakni Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Remco Evenepoel (Soudal–QuickStep).

Etape 5 menyuguhkan mountain stage terakhir di Volta a Catalunya 2023. Para pembalap start dari Tortosa menuju Lo Port. Panjang rutenya 176,6 km. Peserta harus nanjak di Mirador del Portell untuk mencapai garis finis. Ini merupakan tanjakan Hors Categorie (HC). Panjangnya 8,6 km dengan gradien maksimal 9,8 persen.

Tanjakan pemungkas inilah yang menjadi saksi persaingan ketat antara Roglic dengan Evenepoel. Pada awalnya kedua superstar ini berada di belakang Joao Almeida (UAE Team Emirates) di sisa 800 meter. Situasi berubah ketika Roglic melancarkan manuver di 600 meter menuju finis.

Pembalap asal Slovenia ini sempat memimpin selama beberapa saat. Sebelum akhirnya disalip Evenepoel di sisa 300 meter. Akan tetapi, juara dunia road 2022 ini gagal mempertahankan posisinya. Ia tampak begitu kesakitan di 100 meter pemungkas.

Roglic pun mengeluarkan jurus terakhir. Ia tancap gas di sisa 75 meter. Kali ini Evenepoel terlalu berat untuk mengejar juara tiga kali La Vuelta a Espana itu. Roglic finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 27 menit 41 detik. Evenepoel di posisi kedua dengan selisih enam detik. Almeida di posisi ketiga dengan gap 12 detik.

"Saya sangat gembira. Saya senang bahwa saya tampaknya mampu. Kaki terasa sangat baik hari ini. Itu adalah pertarungan hebat lainnya bagi saya. Meskipun sakit, saya dapat menikmatinya. Setelah operasi bahu saya, ini adalah langkah lain ke arah yang benar," kata Roglic.

Pantas apabila Roglic begitu menikmati pertarungan dengan Evenepoel ini. Pembalap 33 tahun itu seakan hidup kembali. Setelah tahun yang suram pada 2022 lalu. Akibat cedera punggung yang menghancurkan mimpinya di Tour de France dan La Vuelta a Espana 2022.

Kemenangan ini merupakan yang kedua bagi Roglic di Volta a Catalunya musim ini. Hasil di etape ini sekaligus memantapkan posisi Roglic di puncak General Classification (GC). Ia unggul sepuluh detik dari Evenepoel. Posisi tiga dihuni Almeida dengan selisih lebih dari satu menit.

Di atas kertas, Roglic berpeluang besar untuk menjadi juara overall di Volta a Catalunya 2023. Namun masih ada dua etape yang harus diselesaikan. Ia hanya harus bertahan di dua tahapan penutup itu.

"Kami tidak boleh terlalu terburu-buru karena masih ada dua hari yang menantang. Yang jelas kemenangan ini memberi saya kepercayaan diri untuk masa depan," ungkap Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Volta a Catalunya 2023 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Jumbo–Visma) 4 jam 27 menit 41 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal–QuickStep +6
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +12
4. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +28
5. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education–EasyPost +44
6. Lenny Martinez (Prancis), Groupama–FDJ +47
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +56
8. Michael Woods (Kanada), Israel–Premier Tech +56
9. Jai Hindley (Australia), Bora–Hansgrohe +1:04
10. Cian Uijtdebroeks (Belgia), Bora–Hansgrohe +1:15

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma 21 jam 29 menit 25 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +10
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:02
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:50
5. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +1:50
6. Michael Woods (Kanada), Israel–Premier Tech     +1:54
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo +1:57
8. Jai Hindley (Australia), Bora–Hansgrohe +2:02
9. Cian Uijtdebroeks (Belgia), Bora–Hansgrohe +2:23
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education–EasyPost +2:44

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128

Foto: Cor Vos


COMMENTS