Volta a Catalunya 2023: Balas Dendam, Evenepoel Bikin Roglic tak Berkutik

Perebutan gelar juara di Volta a Catalunya 2023 makin seru. Juga kian mengerucut ke dua sosok terkuat, yakni Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Remco Evenepoel (Soudal–QuickStep). Dua superstar ini saling mengalahkan di Catalan.

Setelah kekalahan beruntun di dua etape awal, Evenepoel akhirnya memperoleh podium pertamanya di Volta a Catalunya 2023. Juara dunia road 2022 tersebut finis pertama di etape 3 yang berlangsung Rabu (22/3) malam waktu Indonesia. Rider asal Belgia ini berhasil membuat Roglic tak berkutik.

Etape 3 merupakan mountain stage kedua di Volta a Catalunya tahun ini. Tahapan ini dimulai di Olost. Finisnya di La Molina. Panjang rutenya 180,6 km. La Molina merupakan tanjakan kategori 1 sepanjang 12,2 km dengan kemiringan rata-rata 4,4 persen dan elevasi 1.691 meter.

Selain nanjak di La Molina, peloton juga harus menaklukkan dua tanjakan lain. Pertama adalah Coll de Coubet. Panjangnya 12,6 km, elevasi 1106 meter, dan gradien rata-rata 5,5 persen. Serta Coll de la Creueta, tanjakan Hors Categorie (HC) yang memiliki panjang 18,7 persen, elevasi 1.902 meter, dan gradien rata-rata 5 persen.

Tahapan ini sepenuhnya dikuasai Evenepoel. Bersama Roglic, Evenepoel menjadi dua pembalap di posisi terdepan di sisa 700 meter. Keduanya tidak tersentuh oleh kelompok pengejar yang dipimpin oleh pembalap Italia Giulio Ciccone (Trek–Segafredo).

Evenepoel meningkatkan kecepatannya di 300 meter menjelang finis. Kali ini Roglic kesulitan untuk mengejar. Evenepoel berhasil finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 40 menit 43 detik. Roglic di posisi kedua dengan selisih dua detik.

Inilah kemenangan etape keduanya pada musim ini. Sekaligus keunggulan pertamanya atas Roglic pada 2023. Evenepoel begitu girang. Apalagi kemenangan ini telah dinantikan usai gagal di dua etape awal Volta a Catalunya 2023.

"Saya sudah menunjukkan di etape sebelumnya bahwa saya cukup cepat. Pada etape pertama saat Primoz menang, saya membuat kesalahan karena terlalu jauh di belakang saat memulai sprint. Namun sekarang kita melihat bahwa saya juga cepat di sini," kata Evenepoel usai lomba.

Kemenangan Evenepoel membuat persaingan di General Classification (GC) makin seru. Roglic memang masih berada di puncak. Namun Evenepoel membuntutinya di posisi kedua. Mereka memiliki catatan waktu yang sama!

"Saya senang dengan apa yang terjadi. Tetapi pada saat yang sama, saya harus senang dengan hasil apa pun. Saya akan terus memberikan segalanya, apa pun yang terjadi, setiap saat," ucap Roglic.

Selanjutnya, Etape 4 akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. Walaupun terdapat tiga tanjakan, tapi bagian akhirnya memungkinkan para pelari cepat untuk beraksi. Etape ini dimulai dari Llivia dan finis di Sabadell. Panjang rutenya 188,2 km. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Volta a Catalunya 2023 (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal–QuickStep 4 jam 40 menit 43 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma +2
3. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo +13
4. Jai Hindley (Australia). Bora–Hansgrohe +13
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +13
6. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +13
7. Michael Woods (Kanada), Israel–Premier Tech     +13
8. Cian Uijtdebroeks (Belgia), Bora–Hansgrohe +13
9. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education–EasyPost +13
10. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +13

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma 12 jam 42 menit 17 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +0
3. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo +19
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +44
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +44
6. Jai Hindley (Australia), Bora–Hansgrohe +48
7. Michael Woods (Kanada), Israel–Premier Tech     +48
8. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education–EasyPost +48
9. Cian Uijtdebroeks (Belgia), Bora–Hansgrohe +58
10. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +1:12

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128

Foto: Getty Images


COMMENTS