Launching Jersey Baru Freedom CC, 350 Cyclist Gowes Keliling Surabaya

Jersey Freedom CC edisi 2023 mengusung warna scarlet, alias merah cerah

Sekali lagi, acara launching jersey Freedom Cycling Club (CC) bikin heboh Surabaya. Kali ini mereka memerahkan Kota Pahlawan pada Minggu (5/3) pagi. Sebanyak 350 anggota berpartisipasi di kegiatan ini. Freedom mengelilingi Surabaya untuk merayakan jersey barunya itu. Mereka menyisir sisi utara, timur, hingga barat ibu Kota Jawa Timur (Jatim) ini. Total jaraknya kurang lebih 50 km.

Jersey Freedom CC edisi 2023 kembali mengusung warna terang. Jersey anyar buatan SUB tersebut tampil dengan corak merah cerah. Sangat menyala. "Kalau kata Mas Amdani Ocha dari SUB Jersey, warnanya adalah scarlet," bilang Ketua Freedom CC, Mahfud Tamwardi 'Ko Fuk'.

Safety menjadi alasan utama Freedom CC memilih scarlet sebagai corak jersey mereka pada tahun ini. "Warnanya merah menyala. Saat mencolok saat dipakai di jalan. Sehingga lebih aman. Utamanya saat dipakai gowes pagi atau malam hari. Selain itu, merah juga melambangkan berani," jelas Ko Fuk.

Wakil Ketua Freedom CC Suryanto menambahkan, sebelum memilih warna scarlet, pihaknya mengadakan survei internal. Ada sejumlah opsi warna yang ditawarkan ke anggota di survei itu. Berdasarkan hasil survei, warna scarlet paling banyak dipilih. "Para ibu-ibu, baik istri pengurus maupun member Freedom, kebanyakan juga milih warna ini," ungkapnya.

Bicara launching jersey, Freedom CC pernah menghebohkan Surabaya pada tahun lalu. Saat meluncurkan jersey edisi 2022 yang bercorak oranye itu. Ada 300 member yang hadir di acara tersebut. Untuk menghindari kepadatan di jalan, ke-300 orang itu dibagi menjadi empat grup. Start-nya berbeda-beda. Tapi finisnya sama-sama di Universitas Ciputra di Surabaya Barat.

Sebanyak 350 anggota mengikuti launching jersey Freedom CC pada Minggu (5/3) pagi

Pada tahun ini makin banyak member yang mengikuti gowes launching jersey. Kurang lebih 350 anggota hadir dalam acara yang berlangsung pada Minggu pagi itu. Mereka berangkat dari Ciputra World di Jalan Mayjend Sungkono. Rombongan melewati Jalan Indragiri, Jalan Dr. Soetomo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Embong Malang, hingga ke Tugu Pahlawan.

Setelah itu peloton bergerak ke Jalan Tunjungan. Belok kiri ke Jalan Walikota Mustajab, naik ke flyover Gubeng menuju Jalan Dharmahusada. Mereka menuju pit stop pertama di Hartono Merr. Setelah rehat sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan mengisi ulang bidon, perjalanan dilanjutkan kembali.

Peloton Freedom CC bergerak ke arah barat. Tujuannya adalah Universitas Ciputra yang menjadi lokasi finis acara gowes launching jersey ini. Sesampainya di garis akhir, para peserta langsung disuguhi beragam makanan khas Jatim. Mulai dari nasi buk khas Madura, soto ayam, bakso, tahu campur, hingga sate kelapa.

"Ada 825 porsi makanan yang disediakan dan semuanya ludes tak tersisa. Semuanya lezat. Semuanya uenak pol," ucap Rizki Noer, salah satu pengurus Freedom CC.

Setelah puas makan-makan, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dari sponsor. Ada banyak barang yang dibagikan. Mulai dari sepatu dan helm. Juga beragam jersey, bib, bidon, aksesori lainnya dari SUB. Selain itu, Freedom CC juga membagikan plakat kepada para sponsor yang mendukung mereka tahun ini.

Anggota Freedom CC foto bareng di Universitas Ciputra (UC) yang menjadi pusat acara launching jersey ini

Gowes launching jersey baru Freedom CC ini hanya melibatkan cyclist yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya saja. Meski begitu, jumlah member yang berpartisipasi sangat banyak. Lebih dari separuh dari total keseluruhan anggota Freedom CC saat ini yang mencapai lebih dari 500 orang.

Kemasan launching jersey Freedom CC tahun ini cukup membikin panitia sibuk. Sebab, mereka harus memastikan rombongan tetap rapi di jalan. Sehingga tidak mengganggu perjalanan pengguna jalan yang lainnya. "Kalau tahun lalu kan dibagi per grup, tahun ini jadi satu. Kami bersyukur karena tidak ada insiden di jalan," ujar Manajer Rute Freedom CC, Jiang Louis 'JL'.

Untuk memastikan keselamatan dan ketertiban peserta gowes di jalan raya, Freedom CC menggandeng Satlantas Polrestabes Surabaya. Yang menarik, gowes launching jersey Freedom dikawal motor listrik milik Polrestabes Surabaya. "Dikawal motor listrik karena semangatnya memang go green," tutur Karnaji yang membidangi urusan perizinan di Freedom CC.

Sementara itu, Freedom sudah menyusun agenda rutinnya pada tahun ini. Pertama, mereka gowes ke Bromo via Probolinggo pada 12 Maret mendatang. Ini sekaligus kegiatan besar mereka sebelum Ramadan. Selepas Lebaran, Freedom merencanakan gowes ke luar Jatim. Ada sejumlah destinasi yang dibidik.

"Salah satunya ke Jawa Tengah. Entah ke Semarang atau ke Magelang. Masih harus kami matangkan kembali dengan teman-teman," sebut Leo Rizal, koordinator ride Freedom CC.

Freedom juga mengagendakan kegiatan gowes pada Agustus nanti. Menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Freedom berencana gowes dari Surabaya ke Banyuwangi. "Kemudian kami akan gowes di Bali, yang merupakan agenda rutin tahunan Freedom," jelas Leo. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Chaidar (@chaidar26 )


COMMENTS