UAE Tour 2023: Menang Sprint di Etape 6, Merlier Rebut Victory Kedua

Tim Merlier (Soudal-QuickStep) menang lagi. Sprinter asal Belgia tersebut finis pertama di Etape 6 UAE Tour 2023 pada Sabtu (25/2) malam waktu Indonesia. Ini adalah kemenangan kedua Merlier di balapan ini. Sekaligus menegaskan posisinya di puncak points classification.

Tahapan ini memang cocok untuk sprinter. Sekaligus menjadi kesempatan terakhir mereka untuk merebut kemenangan. Sebab Etape 6 UAE Tour 2023 kembali menghadirkan medan datar. Para pembalap start dari Warner Bros. World Abu Dhabi. Finisnya di Abu Dhabi Breakwater. Panjang rutenya 166 km. 

Kali ini Merlier berhasil menjadi yang tercepat. Tim Soudal-QuickStep membawa juara nasional Belgia itu ke posisi terbaik di kilometer terakhir. Kemenangan yang tidak muda. Sebab ada Sam Bennett (Bora-Hansgrohe) dan Dylan Groenewegen (Jayco-Alula) yang memberikan perlawanan kepada Merlier

Bennett bahkan terlihat berada pada posisi yang baik dalam 400 meter terakhir. Ia dikawal rekan setimnya Danny van Poppel. Tapi Merlier menemukan jalan keluar di dalam tikungan terakhir. Kemudian melancarkan serangan jarah jauh. Meski Bennett memberikan perlawanna, namun ia gagal mengejar Merlier.

"Hari ini bagus. Itu benar-benar sibuk. Semua orang sangat gugup karena ini adalah sprint terakhir. Menurut saya kesempatan terakhir. Dalam 500 meter terakhir, saya menemukan tempat yang bagus dan saya menyerang dari jauh," ungkap Merlier selepas balapan dilansir Cyclingnews.

Selain menjadi kemenangan kedua Merlier, ini adalah kemenangan ketiga tim Soudal-QuickStep di ajang ini. Sebelumnya, skuad asal Belgia itu finis pertama di lomba team time trial (TTT) di Etape 2. Merlier sekaligus mengunci posisi di ranking pertama di tabel points classification.

Sementara itu, rekan setim Merlier, Remco Evenepoel masih aman di puncak general classification (GC). Remco akan berjuang di Etape 7 untuk memastikan gelar perdananya di ajang ini. Jebel Hafeet akan menjadi rintangan terbesar di tahapan pemungkas UAE Tour 2023 pada Minggu (26/2).

"Tentu saja ini akan menjadi kemenangan yang sangat menyenangkan. Saya sudah mengatakan bahwa saya ingin berada di level yang bagus di UAE Tour. Kami akan mencoba untuk mempertahankan jersey ini dengan sangat baik dan mungkin mencoba naik podium lagi di Etape 7," terang juara dunia road 2022 ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 UAE Tour 2023 (Top Ten)
1. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep 3 jam 41 menit 12 detik
2. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +0
3. Dylan Groenewegen (Belanda), Jayco-AlUla +0
4. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
5. Arvid De Kleijn (Belanda), Tudor Pro Cycling +0
6. Sam Welsford (Australia), Team DSM +0
7. Gerben Thijssen (Belgia), Intermarché-Circus-Wanty +0
8. Emils Liepins (Latvia), Trek-Segafredo +0
9. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
10. Itamar Einhorn (Israel), Israel-Premier Tech +0

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep 19 jam 55 menit 40 detik
2. Luke Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +9
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +13
4. Stefan de Bod (Afrika Selatan), EF Education-EasyPost +1:03
5. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +1:06
6. Harm Vanhoucke (Belgia), Team DSM +1:12
7. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +1:12
8. Einer Rubio (Kolombia), Movistar +1:13
9. Georg Steinhauser (Jerman), EF Education-EasyPost +1:13
10. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +1:14

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images


COMMENTS