Demi Lolos Olimpiade, Indonesia akan Datangkan Pelatih Asing


Bernard van Aert saat meraih perak Omnium Putra di seri ketiga UCI Track Nations Cup 2022 di Kolombia 

Tim balap sepeda Indonesia terus mengejar peluang untuk tampil di Olimpiade. Saat ini mereka menargetkan untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Seri pertama kualifikasi disiplin track dimulai di UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta pada 23-26 Februari di Velodrome Rawamangun.

Kabid Binpres PB ISSI Budi Saputra menjelaskan, saat ini Indonesia memiliki tiga pembalap yang memiliki peluang untuk lolos Olimpiade. Mereka adalah Bernard van Aert, Ayustina Delia Priatna, dan Terry Yudha Kusuma.

“Pekan lalu baru selesai review dari Kemenpora. Memang prioritas kami adalah ketiga pembalap tersebut. Bernard dan Terry bisa bermain di madison. Ayu dan Bernard juga turun di nomor omnium. Jadi, Bernard main di dua nomor,” kata Budi.

Budi membocorkan bahwa ketiganya mendapatkan program prioritas. Seperti dikirim ke seri-seri Nations Cup berikutnya. PB ISSI juga akan merekrut pelatih asing agar performa para pembalap itu bisa maksimal. Fokus mereka tahun ini untuk mengumpulkan poin kualifikasi secara maksimal.

“Kabar baru dan bagusnya kami sudah deal dengan pelatih asing. Itu sudah disetujui oleh Kemenpora. Sekarang tinggal tanda tangan kontrak dengan PB ISSI. Dalam waktu dekat ini kontraknya akan disiapkan,” ungkapnya.

Namun, Budi enggan membocorkan terlalu banyak tentang sosok pelatih tersebut. Termasuk saat ditanya negara asal pelatih itu, Budi hanya memberi sedikit bocoran. “Anak-anak track sudah dipegang pelatih berlevel dunia. Pelatih ini pernah menjadi juara di nations cup di Beijing pada 2008 lalu. Nanti akan kami umumkan kalau sudah tanda tangan kontrak,” ujar Budi.

Rencananya PB ISSI akan memberi kontrak awal selama tiga tahun untuk pelatih tersebut. Jika dimulai pada tahun ini, maka pelatih tersebut akan menangani Indonesia hingga 2025 mendatang. Kemudian dalam tiap tahun akan ada evaluasi.

“Saya sudah berbicara dengan pelatih asing ini. Jika ingin membuat atlet berkualitas dunia, harus dalam jangka waktu panjang. Kami berharap adanya pelatih asing ini, anak-anak bisa meningkatkan prestasinya dan kontrak (pelatih asing) bisa kami perpanjang,” imbuh Budi.

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Dadang Haries Poernomo


COMMENTS