Jersey Spesial Menuju Anniversary Kesepuluh Ratjoen CC


Ratusan cyclist mengikuti acara launching jersey Ratjoen CC di Kota Batu pada Minggu (19/2) pagi

Ratjoen CC tampil dengan balutan jersey baru pada tahun ini. Kostum anyar milik salah satu komunitas terbesar di Indonesia itu mengombinasikan warna merah dengan biru. Jersey tersebut makin spesial karena menandai eksistensi Ratjoen selama sepuluh tahun terakhir. Ya, komunitas yang berbasis di Malang ini genap berusia satu dasawarsa pada Mei mendatang.

Tak hanya menjadi salah satu yang terbesar, Ratjoen termasuk komunitas yang guyub. Merangkul semua kalangan. Anggotanya ratusan. Bukan hanya di Malang saja, tapi tersebar di seluruh Indonesia. Pada 2023 ini Ratjoen akan berulang tahun kesepuluh. Pesta perayaannya memang baru digelar Mei nanti. Tapi gebyarnya sudah terasa sejak saat ini.

Ditandai dengan launching jersey baru pada Minggu (19/2) pagi. Jersey ini mengombinasikan dua warna, biru dan merah. Corak biru ditempatkan di bagian lengan. Dikombinasikan dengan warna merah menyala mendominasi di bagian badan. Menurut Irawan Djakaria, salah satu pentolan Ratjoen, desainnya mirip kostum FC Barcelona, raksasa Spanyol dan Eropa.

"Sekarang warna baku Ratjoen kan biru. Dikombinasikan dengan warna merah supaya terlihat di jalan" jelas Pak Kom, sapaan Irawan Djakaria.

Tulisan Ratjoen dalam jersey buatan SUB itu begitu menyala di bagian dada. Bercorak putih dan bronze. Sementara di lengan kanan ada angka 10. Menandakan usia Ratjoen tahun ini. "Warna bronze dipilih karena melambangkan 10 tahun. Kalau silver kan 25 tahun," imbuh Pak Kom.

Irawan Djakaria "Pak Kom" dengan balutan jersey baru Ratjoen CC

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perkenalan jersey anyar Ratjoen kembali dilaksanakan dengan gowes bareng. Pesertanya 135 cyclist. Acara ini khusus internal. Mereka yang hadir adalah member Ratjoen yang bermukim di Malang dan sekitarnya. Juga ada peserta dari Jakarta hingga Surabaya.

"Kali ini kami tidak mengundang teman-teman dari komunitas lain. Hanya member dan para sponsor saja," ungkap Henry Sudjana yang didapuk sebagai ketua panitia launching jersey kali ini.

Para cyclist berangkat dari Unggul Sports Center (USC) yang terletak di Karanglo, Singosari. Para peserta gowes bergerak ke arah Karangploso. Kemudian berhenti sejenak di Batu Love Garden (BALOGA) yang terletak di Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata ini merupakan bagian dari Jatim Park Group, salah satu sponsor Ratjoen.

Ratjoen CC foto bareng di depan Walang Green House di Batu Love Garden (BALOGA)

Para peserta gowes launching jersey Ratjoen memaksimalkan waktu di BALOGA untuk berfoto ria. Sebab di taman hiburan ini terdapat ada banyak spot foto dengan beraneka bunga dan tumbuhan. Dijamin fotogenik dan Instagramable. Salah satunya adalah Walang Green House yang berbentuk belalang raksasa.

Setelah puas foto-foto di BALOGA, cyclist bergerak kembali menuju Wisata Dusun Kuliner yang terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu. Tempat ini sekaligus menjadi titik finis dari rangkaian gowes launching jersey anyar Ratjoen CC. Acara dilanjutkan dengan ramah-tamah dan menyantap hidangan yang telah disajikan.

"Selain itu juga pembagian banyak doorprize persembahan SUB Jersey. Sangat seru karena banyak barang yang dibagikan oleh SUB Jersey," imbuh Henry.

Jajaran sponsor yang mendukung Ratjoen CC pada 2023

Selain ramah-tamah dan bagi-bagi doorprize, juga ada pemberian hadiah kepada 25 finisher RatjoenCC Ultimate Challenge. Ini adalah event internal sekaligus tantangan untuk anggota Ratjoen. Challenge ini berlangsung sepanjang Desember lalu. Hasilnya, Yohanes Viktor Hadi berhasil menjadi pemenang.

"Waktu acara berlangsung, Viktor sempat nomor dua dunia di Strava untuk total climbing-nya," ungkap Santoso Sutedjo, Ketua Panitia RatjoenCC Ultimate Challenge.

Setelah beres launching jersey baru, Ratjoen berancang-ancang untuk menggelar pesta ulang tahun kesepuluh pada Mei nanti. "Rencananya kami akan ke Bali. Konsep acaranya sedang kami matangkan bersama panitia," ungkap Pak Kom. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Chaidar (@chaidar26 )


COMMENTS