Tak Sabar Menjelajah Jatim di East Java Journey 2023

East Java Journey akan menjadi event perdana Tim Alwi menjajal bikepacking. Ia antusias menempuh rute sepanjang 600 km mengelilingi sebagian daerah di Jawa Timur dengan lokasi start dan finis di Surabaya. Ini juga akan menjadi jarak terjauhnya dalam bersepeda.

Sebelumnya Alwi beberapa kali mengikuti event ultra cycling. Pria berusia 36 tahun itu tercatat tiga kali mengikuti event dengan jarak sejauh 200 km. Juga sekali turun di event sejauh 300 km.

"Saya ingin mencoba saya event yang seperti ini. Penasaran sama event pertama saya di Mainsepeda. Selain itu saya ingin menambah teman dan pengalaman baru. Biasanya cuma ikut Audax saja kalau gowes jarak jauh," kata Alwi.

Konsep bikepacking akhir-akhir ini memang banyak digemari. Alwi mengakui sebenarnya sudah menyimpan keinginan sejak lama untuk mencoba hal tersebut. Pria yang berprofesi sebagai Managing Director Jakarta International Maritime Consulting itu aktif bersepeda menggunakan road bike sejak 2020.

"Gowes lebih dari sehari seperti ini menarik bagi saya. Dari dulu ingin mencoba tetapi belum sempat. Tidak ada temannya. Saya berpikir gowes sambil camping selama 1-2 malam itu seru, makanya saya memutuskan untuk ikut ini," ujarnya.

Dengan rute yang tidak biasa dan menjadi pengalaman pertama, Alwi ingin mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Dalam kategori half journey, Alwi akan menempuh jarak 600 km dengan waktu tiga hari selama 17-19 Maret mendatang. Total waktunya 64 jam.

"Rencana persiapannya long ride dua-tiga hari berturut-turut saat akhir pekan. Mungkin ada target nanti 400 km per minggu. Lalu ganti set up sepeda sesuai rute kalau sudah dirilis nantinya," jelas Alwi.

East Java Journey untuk kategori half journey ini memang bukan event kompetisi. Artinya tidak ada juara. Bersifat self-supported atau mandiri. Tetapi para peserta akan memiliki pengalaman seru selama perjalanan. Hal itu yang ingin dirasakan Alwi.

"Berhubung event yang  ini non-competitive ya, targetnya latihan supaya bisa menikmati rutenya. Kalau pun hasilnya saya nanti melebihi batas waktu yang ditetapkan, saya sih tidak ada masalah. Yang penting pengalaman seru," jelasnya. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Dokumentasi Tim Alwi


COMMENTS