Pogacar Membuka Musim 2023 dengan Kemenangan di Spanyol

Tadej Pogacar meraih kemenangan pertamanya musim ini. Pembalap UAE Team Emirates tersebut finis pertama dalam ajang Clásica Jaén Paraiso Interior 2023 pada Senin (13/2) waktu setempat. Pemenang dua edisi Tour de France ini menjadi yang tercepat setelah menyerang sendirian di 36 km menuju garis finis.

Pogacar mengubah kalender balapnya pada tahun ini. Ia tidak lagi mengawali musim 2023 di UAE Tour. Padahal Pogacar adalah juara bertahan selama dua musim terakhir. Sebagai gantinya, Pogacar memulai aksinya di Spanyol. Dengan turun di Clásica Jaén Paraiso Interior 2023.

Clásica Jaén Paraiso Interior merupakan lomba kategori 1.1 UCI. Berlangsung di rute sepanjang 178,9 kilometer di wilayah Baeza di Andalusia, Spanyol. Meski baru dua kali digelar, balapan ini berhasil menarik minat banyak tim WorldTour. Selain UAE Team Emirates yang menaungi Pogacar, lomba ini juga diikuti Ineos Grenadiers, Astana Qazaqstan, Cofidis, dan Movistar.

Rutenya pun unik. Selain tanjakan curam, balapan ini juga memiliki delapan sektor gravel. Pogacar bersama UAE Team Emirates mengontrol peleton sepanjang balapan. Ia mengakhiri dominasinya dengan sempurna. Ia berlari sendirian di sisa 36 km.

Terdapat delapan sektor gravel di  Clásica Jaén Paraiso Interior 2023

Pembalap 24 tahun itu menang dengan catatan waktu 4 jam 36 menit 41 detik. Butuh waktu 49 detik bagi Ben Turner (Ineos Grenadiers) dan Tim Wellens (UAE Team Emirates) untuk mencapai garis finis dan menyusul Pogacar. Turner dan Wellens finis kedua dan ketiga di ajang ini.

"Pada akhirnya itu adalah kerja sama tim yang sempurna. Kami memiliki rencana permainan yang sangat bagu. Saya berhasil bertahan sendirian sampai akhir. Itu memberi saya dorongan besar pada awal musim ini," ungkap Pogacar selepas lomba.

Selanjutnya, Pogacar masih akan bertahan di Andalusia pada Februari ini. Ia dijadwalkan mengikuti Vuelta a Andalucia Ruta Ciclista Del Sol yang akan berlangsung 15-19 Februari. Kemudian pada awal Maret nanti Pogacar akan terbang ke Italia untuk mengikuti Strade Bianche. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 125

Foto: Dario Belingheri/Getty Images


COMMENTS