Bentrok dengan Olimpiade 2024, Jadwal Tour de France Femmes Diubah

Annemiek van Vleuten (Movistar) menjadi pemenang Tour de France Femmes 2022

Prancis akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Multi event terbesar di dunia itu dijadwalkan pada 26 Juli-11 Agustus 2024. Periode selama musim panas itu biasanya menjadi agenda rutin Tour de France Femmes. 

Tour de France untuk kategori putri itu biasanya diadakan seminggu setelah race putra. Sedangkan Tour de France 2024 putra berlangsung pada 29 Juni-21 Juli 2024. Dipastikan Tour de France Femmes tahun depan akan bentrok dengan jadwal Olimpiade 2024.

Tahun lalu Tour de France Femmes diadakan pada 24-31 Juli 2022. Sedangkan tahun ini race berlangsung 23-30 Juli mendatang. Balapan akan dimulai dari Clermont-Farrant menuju ke selatan ke daerah Pyreness. Kemudian finis di Tourmalet dan diakhiri dengan time trial di Pau.

Dalam wawancara dengan BiciPro, Direktur Tour de France Christian Prudhomme mengonfirmasi akan mengubah jadwal race putri.

"Pada tahun 2024 akan ada Olimpiade. Para juara akan pergi ke Olimpiade setelah Tour de France. Jadi, kami harus mengubah tanggalnya. Terakhir kali salah satu keberhasilannya adalah saat Olimpiade menjadi empat minggu," kata Prudhomme.

Perubahan itu perlu dilakukan mengingat para pembalap harus mewakili negaranya di Olimpiade. Jadwal balapan individual time trial (ITT) Olimpiade Paris 2024 pada 27 Juli, men’s road race pada 3 Agustus, dan women’s road race pada 4 Agustus.

Kemungkinan jadwal terbaru Tour de France Femmes bisa berlangsung sebelum atau setelah Olimpiade. Bisa juga ASO menyesuaikan jadwal race putra. Hal yang sama ketika Olimpiade Tokyo 2020. Mereka memajukan jadwal Tour de France 2021 seminggu lebih awal. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 125

Foto: 


COMMENTS