Netflix Garap Film Dokumenter tentang Mark Cavendish


Mark Cavendish dan Eddy Merckx sama-sama meraih 34 kemenangan etape di Tour de France

Perjalanan karier Mark Cavendish akan diabadikan dalam tayangan dokumenter. Layanan streaming Netflix melaporkan bahwa pihaknya sedang mengerjakan film dokumenter tentang pembalap berjuluk Manxman itu. Film dokumenter itu mencangkup karier dan kehidupan pribadi Cavendish.

Dalam sebuah wawancara dengan Matt Dickinson dari The Times, Cavendish mengatakan jika film dokumenter tersebut sudah diproduksi. Ketika ditanya apakah dalam film itu akan menayangkan kemenangan etapenya ke-35 di Tour de France? "Tujuannya adalah menang. Bukan satu kemenangan tertentu," jawabnya.

Cavendish memegang rekor sebagai pembalap dengan kemenangan etape terbanyak di Tour de France. Ia memenangkan 34 stage dalam kurun waktu 2008-2021. Jumlah yang sama dengan Eddy Merckx (Belgia) yang diraih pada periode 1969-1975 silam.

Belum dipastikan jadwal tayang film dokumenter Cavendish tersebut. Akan tetapi, jika pada Tour de France 2023 mendatang Cavendish bisa mencapai rekor pemenang etape terbanyak, tentunya film dokumenter itu akan semakin menarik.

"Tour de France adalah tujuan dalam karier saya. Dan saya sangat menyadari (apa yang diharapkan orang). Kami ada pada titik dimana saya bisa memegang rekor itu sendiri. Kemenangan lain dalam tur adalah segalanya bagi orang-orang, tetapi bagi saya, ini bukan satu, dua, atau tiga kemenangan atau apapun yang bisa saya lakukan," kata pembalap asal Britania Raya itu.

"Bagi saya cukup sederhana. Saya bisa terus mengendarai sepeda saya dan terus menang. Jadi, kenapa tidak melakukannya? Saya menyukainya. Saya suka balapan. Itu berubah. Balapan tidak begitu menyenangkan tapi saya tetap menyukainya," lanjut pembalap tim Astana Qazaqstan.

Pada Januari lalu ia resmi bergabung dengan Astana Qazaqstan. Cavendish akan tampil dengan tim barunya pada 11 Februari dalam Tour of Oman. Lalu dilanjutkan dengan UEA Tour yang akan start pada 20 Februari.

Netflix kian gencar memproduksi serial dan film dokumenter tentang olahraga. Serial The Least Expected Day dari Movistar telah memasuki musim ketiga. Kemudian dokter Tour de France 2022 ditayangkan akhir tahun ini. Selain itu ada dokumenter Jumbo-Visma yang tayang melalui Amazon Prime. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 125

Foto: AFP


COMMENTS