Froome, Cavendish, dan Vingegaard Turun di Singapore Criterium


Bagi penggemar balap sepeda WorldTour, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Eropa untuk menyaksikan aksi pembalap pujaan. Sebab, para pembalap terkenal akan datang ke Asia Tenggara pada akhir bulan ini. Tepatnya pada 30 Oktober mendatang.

Mereka akan berpartisipasi di Tour de France Singapore Criterium. Dalam laman resminya dijelaskan, gelaran ini akan diikuti pemenang Tour de France 2022, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). Rider asal Denmark itu datang bersama Sepp Kuss, dan dua pembalap lain yang belum ditentukan.

Dua pembalap senior yang sama-sama memutuskan pensiun pada akhir tahun ini, Alejandro Valverde (Movistar) dan Vincenzo Nibali (Astana Qazaqstan), juga akan hadir di Singapura. Valverde bakal datang bersama rekan-rekannya, termasuk Enric Mas yang menjadi runner-up La Vuelta a Espana 2022.

Sprinter legendaris Mark Cavendish juga masuk dalam daftar pembalap yang berpartisipasi di Singapura. Peraih 34 kemenangan etape di Tour de France itu akan ditandemkan dengan Jasper Philipsen dalam TDF Criterium Legends Team.

BACA JUGA: Vingegaard dan Cavendish Balapan di Singapura pada 30 Oktober

Satu nama besar lain yang akan hadir di Singapura adalah Chris Froome. Meski sinarnya mulai pudar sejak 2019 silam, sosok Froome masih memiliki nilai tinggi di peloton. Bahkan, pembalap Israel Premier Tech (IPT) tersebut menjadi penerima bayaran paling besar di peloton WorldTour musim 2022.

"Tour de France Criterium adalah pertunjukan bersepeda. Menampilkan kecepatan dan intensitas bersepeda melalui balapan di sirkuit dalam kota," kata Direktur Tour de France, Christian Prudhomme ketika acara itu diumumkan awal tahun ini.

"Format Criterium memungkinkan kami membawa adaptasi Tour de France ke lebih banyak tempat. Sambil tetap mempertahankan esensi dan semangat Tour De France dengan pembalap top di jantung kota," imbuh bos ASO (Amaury Sport Organisation) tersebut. (mainsepeda)

- Daftar Sementara Peserta Tour de France Singapore Criterium:

Jumbo-Visma: Jonas Vingegaard, Sepp Kuss

Cofidis: Simon Geschke, Max Walscheid, Tom Bohli, Axel Zingle

Israel-Premier Tech: Chris Froome, Simon Clarke, Hugo Houle, Guillaume Boivin

Intermarché Wanty Gobert Matériaux : Jan Hirt, Andrea Pasqualon, Barnabas Peak, Théo Delacroix

Team BikeExchange-Jayco: Callum Scotson, Michael Matthews

Movistar Team: Alejandro Valverde, Enric Mas, Jose Joaquin Rojas, Imanol Erviti

Astana Qazaqstan: Vincenzo Nibali, Antonio Nibali, Samuele Battistella, Gianmarco Garofoli

Lotto-Soudal: Caleb Ewan, Tim Wellens, Frederik Frison, Jasper de Buyst 

Legend Team: Mark Cavendish, Jasper Philipsen

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 111

Foto: AFP


COMMENTS