Kemenangan Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) di La Vuelta a Espana 2022 menarik perhatian Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Pembalap Slovenia ini berharap Evenepoel mau bersaing dengannya di Tour de France tahun depan.

Dalam wawancara kepada media Prancis VTM, Pogacar mengaku mengikuti seluruh etape di La Vuelta 2022. Pogacar juga melontarkan pujian sekaligus selamat untuk Evenepoel atas kemenangannya dalam balapan paling akbar di Spanyol tersebut.

"Itu penampilan yang hebat dari Evenpoel. Ia telah membuktikan bisa memenangi Grand Tour. Saya pikir Evenepoel melakukannya dengan cerdas," ungkap Pogacar.

La Vuelta merupakan Grand Tour pertama yang diikuti Pogacar. Ia berlomba di Negeri Matador pada 2019. Setahun berikutnya, ia menjadi pemenang overall di Tour de France 2022. Kemudian ia mempertahankan jersey kuning di Tour de France 2021.

Pogacar 'menantang' Evenepoel untuk mengikuti jejaknya. Ia ingin bersaing dengan pembalap asal Belgia itu di Tour de France tahun depan. Status Evenepoel sebagai pemenang La Vuelta akan membuat persaingan di Tour de France makin seru dan ketat.

"Jika saya adalah pemenang La Vuelta, maka saya harus balapan ke Tour de France. Ini adalah langkah logis berikutnya," sebut Pogacar.

Sayangnya, harapan Pogacar untuk melihat Evenepoel balapan di Tour de France 2023, tampaknya sulit terwujud. Sebab tim QuickStep Alpha Vinyl berencana menurunkan pembalap muda asal Belgia itu di Giro d'Italia 2023. Evenepoel ditarget merebut maglia rosa di Negeri Pisa.

"Jika terserah saya, saya akan memintanya untuk mendatangi satu per satu. La Vuelta dulu, Giro, baru Tour de France. Jika itu terserah saya, maka Remco harus balapan di Giro pada tahun depan," tegas kepala tim QuickStep Alpha Vinyl Patrick Lefevre.

Saat ini kedua bintang balap sepeda itu berada di Australia. Mereka mengikuti UCI Road World Championships 2022. Pogacar dan Evenepoel telah menuntaskan nomor Individual Time Trial (ITT). Sayang mereka gagal menjadi juara dunia. Mereka akan bersaing kembali pada akhir pekan ini di nomor road race. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 108

Foto: LAPRESSE


COMMENTS