Lima Pembalap Indonesia Terdaftar di UCI Road World Championships 2022


Indonesia memiliki wakil di UCI Road World Championships 2022 di Wollongong, Australia. Ada lima wakil Merah Putih yang tercatat dalam entry list untuk nomor Individual Time Trial (ITT). Akan tetapi, hanya dua nama yang akan start pada Minggu, 18 September 2022.

Kelima pembalap yang tercatat di entry list terbagi dalam dua kelompok. Tiga di antaranya masuk kategori Men Elite. Mereka adalah Aiman Cahyadi, Dealton Nur Arif Prayogo, dan Muhammad Abdurrohman. Sedangkan dua nama lainnya tercatat di kategori Women Elite, yakni Ayustina Delia Priatna dan Dewika Mulya Sova.

Aiman dan Ayustina adalah juara road race di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda 2022. Rohman, sapaan akrab Muhammad Abdurrohman, merupakan jawara nomor ITT. Sedangkan Dealton meraih perak. Sementara Sova merebut emas ITT di kelas Women U-23.

Akan tetapi, dalam start list yang dirilis laman resmi Wollongong 2022 pada Sabtu malam, 17 September 2022, hanya Aiman dan Rohman yang bertanding. Tidak ada nama Dealton, Ayustina, serta Ocha, sapaan karib Dewika Mulya Sova. Ayustina dan Ocha juga tercatat di entry list nomor road race.

Rohman tergabung di Grup 1. Pembalap asal Surabaya ini akan start sekitar pukul 13.52 waktu setempat. Rohman melaju tepat sebelum Edoardo Affini (Italia/Jumbo-Visma). Sementara Aiman tergabung di Grup 3. Ia akan start sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Mainsepeda.com telah menghubungi Sekjen PB ISSI Parama Nugroho terkait partisipasi pembalap Indonesia di UCI Road World Championships 2022. Hingga berita ini ditulis, belum ada respons.

Balapan ITT di UCI Road World Championships 2022 akan diikuti pembalap top. Tadej Pogacar (Slovenia/UAE Team Emirates), Remco Evenepoel (Belgia/QuickStep Alpha Vinyl), dan Filippo Ganna (Italia/Ineos Grenadiers) masuk di start list. Balapan kategori Elite akan start dari Market Street menuju Marine Drive. Total jaraknya 34,2 kilometer. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 108

Foto: Rendra Kurnia


COMMENTS