Roglic Out, La Vuelta 2022 akan Melahirkan Juara Baru


Kecelakaan yang dialami Primoz Roglic di Etape 16 berdampak fatal. Sang juara bertahan diumumkan tidak akan start di Etape 17 La Vuelta a Espana 2022 pada Rabu, 7 September 2022. Ya, andalan tim Jumbo-Visma tersebut keluar dari La Vuelta musim ini.

Sebagai juara tiga musim terakhir, Roglic sangat ingin memperpanjang rekor kemenangannya di La Vuelta. Sayangnya persiapannya menuju La Vuelta 2022 sangat tidak ideal. Ia belum sembuh 100 persen dari kecelakaan di Tour de France 2022 kemarin.

Meski harus menahan sakit, Roglic sempat memenangi satu etape di La Vuelta musim ini. Sebelum kecelakaan di Etape 16 ini terjadi, Roglic telah berusaha memangkas gap waktu dengan penguasa General Classification (GC), Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl). Keduanya terpaut 1 menit 26 detik usai Etape 16.

Akan tetapi, dampak insiden ini ternyata sangat fatal. Membuat Roglic kesakitan sehingga harus out dari balapan paling akbar di Negeri Matador tersebut. "Primoz sangat kesakitan," Directeur Sportif tim Jumbo-Visma Addy Engels dalam laman resmi tim.

Engels menjelaskan bahwa Roglic tidak mengalami patah tulang. Hanya beberapa memar dan lecet. Akan tetapi, rasa sakit dan luka-luka itu membuatnya tidak bisa meneruskan balapan. Inilah yang membuat Roglic dan timnya sangat terpukul. Apalagi ia berhasil memangkas jarak dari Evenepoel dalam dua etape terakhir.

"Ini juga membebaninya secara psikologis. Dunianya telah runtuh, tapi kita tahu bahwa ia akan berjuang kembali. Pertarungan untuk GC sudah berakhir. Jadi kami akan bertarung untuk memenangkan etape," tegasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 107

Foto: Getty Images


COMMENTS