Usai Tiga Kali Gagal, Pedersen Akhirnya Raih Kemenangan


Mads Pedersen (Trek-Segafredo) akhirnya terbebas dari predikat spesialis nyaris menang di La Vuelta a Espana 2022. Pembalap asal Denmark tersebut menang sprint di Etape 13 pada Jumat, 2 September 2022. Ini adalah kemenangan pertama Pedersen di ajang La Vuelta.

Predikat spesialis nyaris menang memang pantas disanding Pedersen di La Vuelta musim ini. Juara dunia 2020 tersebut tiga kali finis di posisi kedua. Dari Etape 2 hingga Etape 4. Kemenangan itu sudah sangat dekat dengan Pedersen. Namun sang pembalap gagal meraihnya.

Setelah tiga kali beruntun finis kedua, Pedersen akhirnya mendapatkan kesempatan untuk meraih kemenangan panggung. Pembalap 26 tahun itu finis pertama di Etape 3. Ia menuntaskan rute sepanjang 168,4 kilometer, dari Ronda menuju Montilla, dengan catatan waktu 3 jam 46 menit 1 detik.

"Semua pembalap di tim saya tampil sangat baik hari ini. Mereka fokus sepanjang hari. Saya hanya senang bahwa saya akhirnya bisa mendapatkan kemenangan. Serta membayar ke teman-teman atas kerja keras yang merekalakukan sejauh ini. Ini sangat bagus untuk kita semua," kata Pedersen.

Etape 13 memang menghadirkan medan yang cenderung flat. Namun para pembalap harus sedikit nanjak ketika memasuki kilometer pemungkas.

Pascal Ackerman (UEA Team Emirates) berakselerasi di sisa 200 meter. Akan tetapi, dominasinya memudar ketika Pedersen melewatinya di beberapa meter menjelang finis. Selain itu, Bryan Coquard (Cofidis) juga sukses menyalip Ackerman untuk mengunci tempat kedua di tahapan ini.

"Kami datang ke sini untuk meraih kemenangan etape. Sekarang kami telah mendapatkannya. Kami akan terus berjuang untuk meraih satu kemenangan lagi. Selain itu, saya juga akan berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan jersey hijau ini," tegas Pedersen.

Ini adalah kemenangan kelimanya di ajang WorldTour. Selain itu, Pedersen juga mencatat dua kemenangan di level Grand Tour. Sebelum menang di Etape 13 La Vuelta 2022, Pedersen finis pertama di Etape 13 Tour de France 2022,

Sekali lagi, hasil Etape 13 tidak mengubah struktur pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) masih berada di puncak. Sedangkan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Enric Mas (Movistar) menempel di peringkat dua dan ketiga. (mainsepeda)

Hasil Etape 13 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 3 jam 46 menit 1 detik
2. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +0
3. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates +0
4. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +0
5. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
6. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +0
7. Jesus Muela (Spanyol), Burgos-BH +0
8. Maxim van Gils (Belgia), Lotto-Soudal +0
9. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
10. Urko fernandez (Spanyol) Equipo Kern Pharma +0

General Classification usai 13 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 48 jam 11 menit 10 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2:41
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:03
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +4:06
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:53
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +6:28
7. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +6:56
8. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +7:18
9. Jan Polanc (Slovenia), UAE Team Emirates +8:00
10. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +8:05

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS