Fantastic CC Siapkan Agenda Gowes Perih di Akhir 2022


Fantastic Cycling Club selalu memiliki agenda gowes minggat yang rutin dilakukan setiap bulan. Mereka akan melakukan gowes jarak jauh ke suatu tempat dengan jarak ratusan kilometer. Nah, di penghujung tahun ini rute yang ditentukan makin perih.

Sejak terbentuk pada 2018 lalu, Fantastic CC memang doyan minggat bareng. Pelbagai daerah sudah pernah dijelajahi oleh komunitas asal Sidoarjo ini. Mulai dari Bromo hingga ke Jogja. Seluruh perjalanan mereka selalu bermula dari Sidoarjo.

Fantastic CC sudah merancang agenda gowes minggat mereka untuk akhir tahun ini. Kali ini tujuannya adalah Banyuwangi. "Desember nanti rencananya mau ke Ijen. Ini kali pertama gowes ke sana. Akhir tahun harus semakin perih. Makanya dikasih rute ke sana," kata salah satu founder Fantastic CC, Pungky Heby Priambodo.

Pungky lantas menjabarkan detail rute yang akan mereka lalui. Perjalanan ke Banyuwangi akan dibagi dalam dua hari. Pertama, Fantastic CC bakal gowes dari Sidoarjo menuju kota di ujung timur Pulau Jawa itu. Melewati Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo.

Setelah tiba di Banyuwangi, mereka akan beristirahat selama semalam. Keesokan harinya, mereka meneruskan perjalanan menuju Ijen. Pungky memperkirakan total jarak yang harus mereka tempuh sekitar 300 kilometer.

Anggota Fantastic CC pun sangat antusias dengan agenda tersebut. Pungky mengungkapkan, pada saat ini saja sudah ada sekitar 50 anggota yang tertarik untuk ikut. Mereka bersemangat mempersiapkan diri dalam waktu empat bulan ke depan.

Sebelum agenda puncak di Desember nanti, Fantastic CC juga tetap menggelar gowes jarak jauh bulanan. Seperti ke Pantai Prigi, Trenggalek dan Cemoro Sewu di Magetan. Dua agenda itu akan dilakukan sebelum mereka gowes ke Ijen.

Untuk bulan ini, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Fantastic CC mengadakan Gowes Kemerdekaan. Agenda itu dilakukan pada 17 Agustus lalu. Mereka menempuh rute Sidoarjo-Blitar. Jaraknya lebih dari 150 kilometer.

Blitar dipilih bukan tanpa alasan. Di sana ada makam presiden pertama Indonesia, Soekarno. Menurut Pungky hal ini dilakukan sebagai bentuk lain dari upacara pada Hari Kemerdekaan. "Ini memang rutin setiap tahun. Tujuannya ke tempat-tempat bersejarah,” tuturnya.

Tahun ini agak spesial. Sebab, mereka diizinkan untuk masuk ke area makam Bung Karno. Kemudian melakukan doa bersama di depan pusara Sang Proklamator. 

"Rasanya dari Sidoarjo ke Makam Bung Karno itu hanya 150 kilometer. Jadi teman-teman merasa masih kurang. Sebab kalau minggat itu minimal jaraknya 200 kilometer. Akhirnya kami teruskan rute ke Pantai Serang. Jadi bisa sampai target 200 kilometer," ungkap Pungky.

Untuk agenda terdekat Fantastic CC mengadakan Gowes Merdeka pada Sabtu, 3 September 2022 mendatang. Meski hanya gowes santai dengan jarak sekitar 20 kilometer, tapi mereka menyediakan doorprize spesial yaitu sepeda motor. 

"Tujuannya memang untuk hiburan buat teman-teman. Serta bagi-bagi hadiah. Ada 40 orang dari komunitas kami yang mau ikut. Lalu ada 100 orang undangan dari komunitas yang lain," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Dokumentasi Fantastic CC, @yanto_or


COMMENTS