Roglic Belum Menyerah Mengejar Evenepoel


Juara bertahan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) terancam kehilangan gelarnya di La Vuelta a Espana musim ini. Pembalap asal Slovenia tersebut masih berada di bawah Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) hingga berakhirnya pekan pertama La Vuelta 2022.

Roglic datang ke La Vuelta 2022 dengan kondisi yang tidak ideal. Ia menderita cedera punggung ketika berlaga di Tour de France. Masa persiapannya pun sangat singkat. Meski demikian, Roglic sempat naik podium di Etape 4 lalu. Kemenangan ini membawanya merebut jersey merah.

Akan tetapi, posisi Roglic di puncak General Classification (GC) tidak berlaku lama. Hanya sehari saja. Kini ia berada di peringkat tiga. Terpaut hampir dua menit dari Evenepoel. "Primoz belum 100 persen. Tapi ia sudah dekat dengan sembuh," kata Directeur Sportif Jumbo-Visma Grischa Niermann dilansir Cyclingnews.

Niermann berharap Roglic bisa menempel Evenepoel di pekan kedua La Vuelta 2022. Meski ia mengakui bahwa pekerjaan ini tidak akan mudah. Meski berstatus debutan, Evenepoel telah menunjukkan kehebatannya selama pekan pertama ini. Ia telah menguasai jersey merah selama empat hari.

"Kami juga tidak menyangka Primoz makin jauh dari Remco. Karena dengan begitu kami harus mengejar dan melaju untuk mendapatkan kemenangan etape. Tapi Primoz telah membatasi agar gap itu tidak terlalu jauh. Kami masih punya waktu dua minggu lagi untuk mengubah keadaan," terang Niermann.

Roglic punya kesempatan untuk memperpendek jarak di Etape 10 pada Selasa, 30 Agustus 2022. Tahapan ini akan melombakan balapan Invidual Time Trial (ITT) dari Elche ke Alicante. Roglic cukup kuat di ITT. Bahkan ia memenangi balapan ITT di La Vuelta 2021.

"Kami akan terus berjuang. Tentu saja kami ingin lebih dekat dengan Remco. Sebab kami tidak mengharapkan kesenjangan yang besar antara Roglic dengan Remco," tegas Niermann. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: AFP


COMMENTS