Ayu Triya Finis Ketiga di UCI MTB Eliminator World Cup 2022


Quentin Schrotzenberger dan Marion Fromberger menjadi pemenang untuk kategori elite di UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangkaraya, Kalimantan Selatan (Kalsel). Gelaran ini berlangsung di kompleks Stadion Tuah Pahoe pada Minggu, 28 Agustus 2022.

UCI MTB Eliminator World Cup 2022 menghadirkan bintang-bintang balap sepeda MTB dari lima benua ke Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Mereka ditantang untuk menaklukkan trek yang sangat teknis dan cuaca tropis khas Indonesia.

Dari kategori Men Elite, Schrotzenberger berhasil menjadi pemenang. Pembalap asal Prancis itu finis dengan catatan waktu 1 menit 31,88 detik. Schrotzenberger mengungguli juara dunia Simon Gegenheimer (Jerman) yang harus puas finis kedua. Posisi tiga ditempati Methasit Boonsane (Thailand). Peringkat empat dihuni Riyadh Hakim Lukman asal Singapura. Ihza Muhammad asal Indonesia menempati urutan kelima.

"Saya datang ke sini dalam upaya untuk memenangkan perlombaan UCI World Cup. Saya berjanji kepada orang tua dan manajer bahwa saya akan pulang dengan kemenangan," ungkap Schrotzenberger dilansir laman resmi City Mountainbike.

Schrotzenberger mengaku sangat nyaman balapan di Indonesia. Apalagi ribuan penonton menyaksikan secara langsung di Stadion Tuah Pahoe. "Saya sangat-sangat senang. Penonton di sini luar biasa. Sirkuitnya sangat indah. Ini benar-benar perjalanan yang gila," akunya.

Kemenangan di Indonesia belum cukup untuk membuat Schrotzenberger naik peringkat di klasemen sementara UCI MTB Eliminator World Cup 2022. Ia bertengger di posisi ketiga dengan 258 poin. Posisi pertama ditempati Gegenheimer dengan 352 poin. Sedangkan Titouan Perrin-Ganier (Prancis) di peringkat kedua dengan 321 poin.

Sedangkan dari nomor women elite, Ayu Triya Andriyana berhasil membikin bangga Indonesia usai finis ketiga. Marion Fromberger asal Jerman menjadi yang tercepat dengan 1 menit 47,98. Tempat kedua dihuni Warinthorn Phetpraphan asal Thailand. Ayu berada di posisi dengan selisih sepuluh detik dari Fromberger.

"Dalam babak final, saya sudah memiliki selisih waktu yang besar setelah lompatan pertama. Lebih besar dari yang saya harapkan. Tapi saya terus berjalan dan itu berhasil menjadi pemenang. Saya sangat senang berlaga di Indonesia. Areanya sangat indah. Orang-orangnya juga sangat baik," ungkap Fromberger.

Fromberger berada di posisi kedua di klasemen sementara. Dia mengumpulkan 367 poin dari tujuh penampilan di UCI MTB Eliminator World Cup 2022. Peringkat pertama dihuni Gaina Tormena. Meski tidak turun di Indonesia, pembalap asal Italia itu bertahan di puncak dengan koleksi 495 poin.

Sementara itu, Sekjen PB ISSI Parama Nugroho mengaku puas dengan hasil yang diperoleh pembalap Indonesia di ajang ini. Sebab wakil tuan rumah berhasil finis di lima besar di kelas elite. "Itu menggembirakan untuk ajang Kejuaraan Dunia. Ini di luar dugaan," ungkap Parama dilansir Okezone. (mainsepeda)

Hasil UCI MTB Eliminator World Cup 2022 - Palangkaraya

Men Elite
1. Quentin Schrotzenberger (Prancis)
2. Simon Gegenheimer (Jerman)
3. Methasit Boonsane (Thailand)
4. Riyadh Hakim Lukman (Singapura)
5. Ihza Muhammad (Indonesia)

Women Elite
1. Marion Fromberger (Jerman) 
2. Warinthorn Phetpraphan (Thailand)
3. Ayu Triya Andriyana (Indonesia)
4. Mariske Strauss (Afrika Selatan)
5. Madison Boissiere (Prancis)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: City Mountainbike


COMMENTS