Juara Dunia Esport Menang lagi, Evenepoel Masih Merah


Juara Dunia Esport Jay Vine menang lagi. Kali ini pembalap tim Alpecin-Deceuninck itu finis pertama di Etape 8 La Vuelta a Espana 2022. Ini adalah kemenangan kedua Vine di panggung terbesar di Spanyol itu. Sementara Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) masih bertahan di puncak General Classification (GC).

Meski berstatus pemenang UCI Cycling Esports World Championships 2022, Vine jelas bukan rider unggulan di La Vuelta tahun ini. Namun pembalap asal Australia itu berhasil mengejutkan publik usai memenangkan Etape 6 pada Kamis, 25 Agustus 2022 lalu. Ia menang di Pico Jano, mountain stage pertama di La Vuelta 2022.

Berselang dua hari, Vine kembali menunjukkan kehebatannya di tanjakan. Kali ini ia memenangi Etape 8 pada Sabtu, 27 Agustus 2022. Tahapan ini menyajikan rute 'hanya' 153,4 kilometer. Pembalap bertolak dari Pola de Laviana menuju puncak Collau Fancuaya.

Tiga tanjakan Kategori 3 dan dua tanjakan Kategori 2 menjadi tantangan yang harus dihadapi. Kemudian para pembalap harus mendaki menuju puncak Collau Fancuaya untuk menggapai garis finis. Ini merupakan tanjakan Kategori 1 sepanjang 10,3 kilometer dengan gradien maksial 11,8 persen.


Jay Vine kini memuncaki Mountains Classification dan berhak atas jersey polkadot

Vine tampil luar biasa di etape ini. Pembalap 26 tahun itu mengalahkan pembalap-pembalap unggulan seperti Evenepoel, Enric Mas (Movistar) atau sang juara bertahan Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Vine menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 4 jam 5 menit 25 detik.

Marc Soler (UAE Team Emirates) dan Rein Taaramae (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) menghuni posisi kedua dan ketiga dengan selisih 43 detik. Sedangkan Evenepoel yang menguasai jersey merah, finis di posisi lima dengan selisih lebih dari satu menit.

"Saya jauh lebih percaya diri setelah kemenangan pertama saya di La Vuelta. Rasanya jauh lebih alami ketika saya membalap di etape ini. Tekanan itu telah lepas dari saya," ungkap Vine selepas lomba.

Kemenangan ini membawa Vine ke puncak Mountains Classification dan berhak mendapatkan jersey polkadot. Ia mengumpulkan 40 poin. Unggul cukup jauh dari Soler (16 poin) yang berada di posisi kedua. "Jersey polkadot adalah tujuan saya saat ini," ungkapnya.

Remco Evenepoel belum tergoyahkan di puncak GC

Sementara itu, posisi pembalap di GC sedikit mengalami perubahan. Evenepoel masih bertahan di puncak. Mas membuntutinya di posisi kedua dengan selisih kurang dari setengah menit. Sedangkan Roglic naik ke peringkat ketiga dengan gap lebih dari satu menit.

Selanjutnya, Etape 9 akan menjadi pemungkas rangkaian balapan di pekan pertama La Vuelta 2022. Tahapan ini akan dimulai dari Villaviciosa menuju Les Praeres. Nava. Panjang total rutenya 171,4 kilometer. Pembalap harus menaklukkan Les Praeres untuk mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan sepanjang 3,8 kilometer dengan gradien rata-rata 13 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Jay Vine (Australia), Alpecin-Fenix 4 jam 5 menit 25 detik
2. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +43
3. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +43
4. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ) +47
5. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +1:20
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:20
7. Primoz Rogliz (Slovenia), Jumbo-Visma +1:20
8. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:33
9. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +1:33
10. Sebastien Reichenbach (Swiss), Groupama-FDJ +1:42

General Classification usai 8 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 29 jam 28 menit 19 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +28
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:01
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +1:47
5. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:54
6. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +2:02
7. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +2:05
9. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +2:44
9. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +2:51
10. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +2:59

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS