Vingegaard dan Cavendish Balapan di Singapura pada 30 Oktober


Bagi yang penasaran dengan Jonas Vingegaard sang pemenang Tour de France 2022, Anda bisa datang ke Singapura pada 30 Oktober nanti. Sebab Vingegaard dan Mark Cavendish (QuickStep Alpha Vinyl) dijadwalkan tampil dalam event Tour de France Singapore Criterium.

Kemenangannya di Tour de France 2022 membuat Vingegaard melejit sebagai superstar anyar di arena balap sepeda. Pembalap asal Denmark itu tampil luar biasa selama di Prancis. Ia berhasil menundukkan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Serta menggagalkan ambisi pembalap asal Slovenia itu untuk hat-trick juara.

Vingegaard tak kunjung mengungkapkan jadwal balapannya setelah juara di Prancis. Bahkan, ia membikin publik Denmark geram karena memutuskan tidak ambil bagian di UCI Road World Championships 2022. Event ini digelar di Wollongong, Australia pada September nanti.

Vingegaard justru diumumkan bakal berlaga di Singapura pada 30 Oktober. Tour de France Singapore Criterium akan diikuti total 32 pembalap. Vingegaard dan Cavendish termasuk di antaranya. Balapan bakal dilangsungkan di sirkuit jalanan di jantung Singapura.

"Tour de France Criterium adalah pertunjukan bersepeda. Menampilkan kecepatan dan intensitas bersepeda melalui balapan di sirkuit dalam kota," kata Direktur Tour de France, Christian Prudhomme ketika acara itu diumumkan awal tahun ini.

"Format Criterium memungkinkan kami membawa adaptasi Tour de France ke lebih banyak tempat. Sambil tetap mempertahankan esensi dan semangat Tour De France dengan pembalap top di jantung kota," imbuh bos ASO (Amaury Sport Organisation) tersebut.

Prudhomme menambahkan, Tour de France Criterium dapat menjadikan olahraga bersepeda bersepeda sebagai jembatan budaya. "Serta untuk merayakan atmosfer Tour de France di wilayah yang belum dijelajahi oleh perlombaan," terang pria yang berprofesi sebagai jurnalis tersebut.

Sementara itu, pembalap nasional Singapura Yeo Boon Kiak merasa terhormat karena Vingegaard dan Cavendish akan berlomba di negaranya. "Kami yakin ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa," bilangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: ASO


COMMENTS