Akhirnya ada pembalap asal Spanyol yang merebut kemenangan etape di La Vuelta a Espana. Sosok tersebut adalah Marc Soler. Pembalap UAE Team Emirates tersebut finis pertama di Etape 5 La Vuelta 22 pada Rabu, 24 Agustus 2022. Ini adalah podium kedua Soler di ajang ini.

Kapasitas pembalap asal Spanyol sempat dipertanyakan di La Vuelta. Pasalnya, tidak ada satu pun pembalap asal Spanyol yang meraih kemenangan etape di La Vuelta 2021. Pembalap asal Spanyol terakhir yang meraih kemenangan panggung adalah Ion Izagirre. Kala itu ia finis pertama di Etape 6 La Vuelta 2020.

Setelah kering kemenangan pada tahun lalu, Soler muncul sebagai pemecah kebuntuan. Pembalap 28 tahun ini menjadi yang tercepat di Etape 5 La Vuelta 2022. Ia menyelesaikan rute sepanjang 187,2 kilometer, dari Irun ke Bilbao dengan catatan waktu 4 jam 15 menit 23 detik.

"Ketika tiga di kilometer terakhir saya hanya hanya ingin mencoba dan saya memberikan yang maksimal. Saya mampu mempertahankannya dan finis pertama. Akhirnya ada pembalap Spanyol yang menang di La Vuelta. Ini sudah lama sekali," kata Soler lega.

Ada banyak upaya breakaway setelah bendera start dikibarkan di Irun. Namun serangkaian usaha itu berhasil digagalkan peloton. Kemudian sembilan pembalap melakukan breakaway di sisa 115 kilometer. Jumlah itu terus bertambah. Namun Soler belum berada di grup terdepan.

Mantan anggota Movistar itu baru melancarkan serangan di 94 kilometer menuju finis. Setelah melaju sejauh kencang sejauh tujuh kilometer, Soler akhirnya bergabung dengan kelompok breakaway. Kini terdapat 18 pembalap yang melaju di baris terdepan.

Jumlah itu makin terkikis seiring dengan berjalannya waktu. Satu per satu pembalap yang ada di grup terdepan, mulai melorot dan tertangkap rombongan besar. Hingga tersisa 12 pembalap di sisa 20 kilometer. Soler mencoba menyerang di 15 kilometer menuju finis. Ia berhasil mempertahankan posisinya hingga finis pertama di Etape 5.

Rudy Molard kini berada di puncak GC dan menggusur Primoz Roglic

Sementara itu, tahapan ini membuat Primoz Roglic kehilangan posisinya di puncak General Classification (GC) sekaligus kehilangan jersey merah. Leader tim Jumbo-Visma ini finis ke-23 di Etape 5. Ia terpaut lebih dari lima menit dari Soler. Roglic kini melorot empat peringkat ke posisi lima di GC.

Sementara puncak klasemen overall kini dikuasai pembalap asal Prancis, Rudy Molard (Groupama-FDJ). Ia hanya terpaut dua detik dari rider asal Inggris, Fred Wright (Bahrain-Victorious). Sedangkan tempat ketiga diisi pembalap Jerman, Nikias Arndt (Team DSM) dengan gap lebih dari satu menit.

"Ini hari besar bagi saya. Saya telah memikirkannya sejak kemarin. Posisi saya memang tidak terlalu jauh di GC. Jadi saya katakan ke rekan satu tim bahwa saya mungkin bisa meraih jersey merah di etape ini. Ternyata itu berhasil terwujud. Ini sungguh sempurna dan luar biasa," aku pembalap 32 tahun ini.

Selanjutnya, Etape 6 akan menjadi ujian pertama bagi para climber di La Vuelta 2022. Sebab, mereka harus nanjak menuju puncak Ascensión al Pico Jano. San Miguel de Aguayo. Balapan akan start dari Bilbao. Peloton harus menempuh total jarak 181,2 kilometer.

Setelah melalui tanjakan Kategori 2 di Puerto de Alisas, para pembalap harus mendaki tanjakan Kategori 1 di Colada de Brenes. Kemudian nanjak lagi di Pico Jano untuk mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 12,6 kilometer dengan gradien rata-rata 6,7 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates 4 jam 15 menit 23 detik
2. Daryl Impey (Afrika Selatan), Israel-Premier Tech +4
3. Fred Wright (Inggris), Bahrain-Victorious +4
4. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ +4
5. Lawson Craddock (Amerika Serikat), BikeExchange-Jayco +4
6. Nikias Arndt (Jerman), Team DSM +4
7. Victor Langellotti (Monako), Burgos-BH +4
8. Vadim Pronskiy (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +4
9. Gregor Muhlberger (Austria), Movistar +4
10. Roger Adria (Spanyol), Equipo Kern Pharma +4

General Classification usai 5 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ 16 jam 7 menit 22 detik
2. Fred Wright (Inggris), Bahrain-Victorious +2
3. Nikias Arndt (Jerman), Team DSM +1:09
4. Lawson Craddock (Amerika Serikat), BikeExchange-Jayco +2:27
5. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +4:09
6. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +4:22
7. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +4:35
8. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +4:35
9. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +4:36
10. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +4:42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS