18 Pembalap Indonesia Turun di UCI MTB Eliminator World Cup 2022

Zaenal Fanani dan Ihza Muhammad jadi andalan Indonesia di UCI MTB Eliminator World Cup 2022

Sebanyak 18 atlet putra dan putri Indonesia akan berpartisipasi di UCI MTB Eliminator World Cup 2022. Zaenal Fanani dan Ihza Muhammad termasuk di antaranya. Event ini akan dilangsungkan di area Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Minggu, 28 Agustus 2022.

Sebagai tuan rumah, Indonesia tidak mau melewatkan kesempatan emas ini. Skuad cross-country Indonesia terdiri sembilan atlet putra dan sembilan atlet putri di Palangkaraya. Jawa Timur (Jatim) menjadi penyumbang terbanyak dengan enam atlet. Atau sepertiga dari keseluruhan tim Indonesia.

Pelatih tim nasional Indonesia Kusmawati Yazid yakin anak asuhnya bisa bersaing dengan para pembalap top dari seluruh dunia. "Kami mempunyai beberapa atlet yang berprestasi seperti Zainal Fanani," bilang Kusmawati dalam keterangan resminya.

Pembalap asal Lumajang ini merupakan yang terbaik di Indonesia serta Asia Tenggara. Fanani mempertahankan tahtanya di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda nomor MTB di Banyuwangi pada Juli lalu. Sebelumnya, ia merebut medali emas di SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Selain Fanani, ada Ihza Muhammad. Ihza merupakan junior Fanani di Lumajang. Ia mendapatkan medali perak di SEA Games lalu. Dari sektor putri ada nama Ayu Triya Andriyana dan Dela Anjar Wulan. Mereka sudah berada di Palangkaraya untuk beradaptasi dengan cuaca dan lintasan.

"Kami mencoba memberikan yang terbaik. Pembalap kami pernah menjadi juara di Asia, yakni Fanani. Semoga bisa menjadi juara di event ini," harap Kusmawati.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyebut persiapan menyambut event ini sudah mendekati sempurna. Semua sektor, termasuk keamanan, sudah dipersiapkan dengan baik. Sugianto menegaskan bahwa Palangkaraya dan Kalteng sudah sangat siap menggelar UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

"Indonesia punya Kalteng. Yang ibu kotanya Palangkaraya. Supaya orang tahu wisatanya. Memperkenalkan orang dayang. Juga menyampaikan bahwa orang dayak itu ramah dan murah senyum. Itu tujuannya," tutur Sugianto. (mainsepeda)

Daftar Pembalap Indonesia di UCI MTB Eliminator World Cup 2022

- Men Elite
1. Zaenal Fanani (Jawa Timur)
2. Ihza Muhammad (Jawa Timur)
3. Renoza Adi Pratama (Jawa Timur)
4. Rizaldi Ashshadiqqi Ridha (Kalimantan Selatan)
5. Rendy Verera Sanjaya (Jawa Timur)
6. Ade Setian (Sumatera Selatan)
7. M. Maydanil Arham (Sumatera Selatan)
8. Ade Agung Diantara (Sumatera Selatan)
9. Andi Prayoga (Jawa Tengah)

- Women Elite
1. Dela Anjar Wulan (Jawa Timur)
2. Sarini (Sumatera Selatan)
3. Sayu Bella Sukma Dewi (Bali)
4. Yunia Angelly Syahdat (Kalimantan Selatan)
5. Noor Maida Salma (Kalimantan Selatan)
6. Ela Restiyana (Lampung)
7. Dara Latifah (Sumatera Utara)
8. Riska Amelia Agustin (Jawa Barat)
9. Ayu Triya Andriyana (Jawa Timur)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 105

Foto: PB ISSI


COMMENTS