Bennett Menang lagi, Affini Ambil Alih Jersey Merah


Sam Bennett sedang on fire. Pembalap Bora-Hansgrohe tersebut meraih kemenangan kedua secara beruntun di La Vuelta a Espana 2022. Setelah finis pertama di Etape 2, kali ini rider asal Irlandia ini menang sprint di Etape 3 pada Minggu, 21 Agustus 2022.

La Vuelta 2022 menjadi panggung pembuktian Bennett. Sprinter 31 tahun ini tersingkir dalam skuad untuk Tour de France 2022. Ia juga tidak dibawa ke Giro d'Italia 2022. Alhasil, La Vuelta 2022 menjadi satu-satunya Grand Tour yang diikuti Bennett pada musim ini.

Dua dari tiga etape pembuka La Vuelta 2022 yang berlangsung di Belanda, menjadi saksi performa cemerlang mantan pembalap Decuninck-QuickStep (sekarang QuickStep Alpha Vinyl) tersebut. Usai berjaya di Etape 2, ia menang lagi di Etape 3.

Etape 3 merupakan tahapan terpanjang di La Vuelta tahun ini. Berlangsung di Breda, para pembalap harus menaklukkan rute sejauh 193,2 kilometer. Seperti halnya panggung sebelumnya, etape ini menghadirkan medan datar dari start hingga finis.

Bennett menyelesaikan Etape 3 dengan catatan waktu 4 jam 5 menit 53 detik. Ia mengalahkan Mads Pedersen (Trek-Segafredo) dan Daniel McLay (Arkea Samsic) dalam adu sprint di Breda. "Saya sangat senang dengan kemenangan etape kedua saya di La Vuelta tahun ini," ungkap Bennett.

Bennett mantap di puncak Points Classification dan berhak atas jersey hijau

Sekali lagi, Bennett mengicapkan terima kasih atas kerja keras seluruh pembalap Bora-Hansgrohe di etape ini. Timnya bekerja sangat baik dalam etape terpanjang ini. Juga peran Danny van Poppel yang membuka ruang bagi Bennett untuk sprint.

"Jujur saja, hari ini tidak semudah itu karena banyak pembalap berusaha mengalahkan kami. Saya dan Danny berhasil bertahan kemudian melakukan pada waktu yang tepat. Kami juga memperbesar keunggulan kami di klasemen poin. Saya tidak bisa meminta lebih dari itu," bilang Bennett.

Dua kemenangan beruntun di Etape 2 dan 3 membuat Bennett makin tidak terkejar di Points Classification. Ia mengoleksi 117 poin. Bennett unggul jauh dari dua pesaing terdekatnya, yakni Pedersen (80 poin) dan Pascal Ackermann (UAE Team Emirates) yang mengoleksi 34 poin.

Sementara itu, jersey merah masih dikuasai pembalap dari tim Jumbo-Visma. Kali ini giliran Edoardo Affini yang memuncaki General Classification (GC). Pembalap asal Italia tersebut mengambil alih jersey merah dari rekan setimnya, Mike Teunissen.

"Sungguh luar biasa kami dapat berbagi momen seperti ini. Saya pikir ini sangat istimewa. Ini adalah jersey leader GC di Grand Tour. Hanya sedikit pebalap yang mengalaminya," bilang Affini.

La Vuelta 2022 memasuki hari libur pada Senin, 22 Agustus 2022. Para pembalap akan boyongan dari Belanda menuju Spanyol. Selanjutnya, Etape 4 akan digelar Selasa, 23 Agustus 2022. Para pembalap akan bertolak dari Vitoria-Gasteiz menuju Laguardia. Total jaraknya 152,5 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe 4 jam 5 menit 53 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
3. Daniel McLay (Inggris), Arkea Samsic +0
4. Bryan Coquar (Prancis), Cofidis +0
5. Fabian Lienhard (Swiss), Groupama-FDJ +0
6. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Deceuninck +0
7. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco +0
8. Cedric Beullens (Belgia), Lotto-Soudal +0
9. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates +0
10. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe +0

General Classification usai 3 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Edoardo Affini (Italia), Jumbo-Visma 8 jam 20 menit 7 detik
2. Sam Oomen (Belanda), Jumbo-Visma +0
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
4. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +0
5. Mike Teunissen (Belanda), Jumbo-Visma +0
6. Robert Gesink (Belanda), Jumbo-Visma +0
7. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +13
8. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +13
9. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +13
10. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +13

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 105

Foto: ASO


COMMENTS