Kabupaten Kuningan di Jawa Barat (Jabar) sedang berancang-ancang untuk menghidupkan kembali Tour de Linggarjati. Event tahunan ini sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi. Tour de Linggarjati 2022 dijadwalkan akan berlangsung antara akhir Oktober atau awal November.

Tour de Linggarjati merupakan salah satu balapan di Indonesia yang masuk kalender UCI. Balapan ini sudah berlangsung selama lima edisi. Kali terakhir terselenggara pada September 2019 lalu. Pandemi Covid-19 membuat event ini tidak terselenggara selama dua tahun. Senasib dengan event balapan UCI lainnya di Indonesia.

"Kuningan ingin konsisten menyelenggarakan event bersepeda. Kami pernah memiliki Tour de Linggarjati yang berhenti selama dua tahun karena pandemi. Kami ingin sekali Tour d Linggarjati diselenggarakan kembali," ucap Acep Purnama, Bupati Kuningan.

Acep bertemu dengan founder Mainsepeda.com, Azrul Ananda dan partnernya di Podcast Main Sepeda, Johnny Ray di Kuningan pada Kamis, 11 Agustus 2022. "Mas Azrul memberikan banyak masukan-masukan agar event ini bisa menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

Salah satu rute yang akan dilalui Tour de Linggarjati nanti adalah Jalan Lingkar Timur Kuningan. Jalan baru ini sudah bisa diakses sejak Maret 2022. Jalan ini membentang dari Desa Garatengah di Kecamatan Japara hingga Desa Kedungarum di Kecamatan Kuningan. Panjangnya 7,2 kilometer.

"Kami akan mengenalkan bendungan kuningan yang baru diresmikan Agustus tahun lalu. Jalannya mulus dengan pemandangan yang luar biasa indah," bilang Acep.

Sementara itu, Azrul Ananda terpukau dengan keindahan Kuningan. Azrul dan Johnny Ray sempat gowes dari Cirebon ke Kuningan. Melalui Jalur Lingkar Timur yang memiliki pemandangan luar biasa indah. "Kuningan punya potensi jadi salah satu destinasi bersepeda utama di Indonesia," sanjungnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 103

Foto: Rio Saputra


COMMENTS