Arensman Menang ITT, Hayter ke Puncak GC


Thymen Arensman (Team DSM) menjadi pemenang dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 6 Tour de Pologne 2022. Hasil tahapan ini mengubah struktur sepuluh besar klasemen overall. Kini Ethan Hayter (Ineos Grenadiers) melesat ke puncak General Classifrication (GC).

Balapan ITT di Etape 6 menempuh rute sepanjang 11,8 kilometer. Pembalap bertolak dari Nowy Targ menuju Wierch Rusinski. Arensman menjadi yang tercepat dalam tahapan ini. Pembalap asal Belanda itu mencatatkan waktu 17 menit 40 detik.

Dua pembalap tim Ineos Grenadiers, Magnus Sheffield dan Ethan Hayter finis kedua dan ketiga. Sheffield selisih tujuh detik dari Arensman. Sementara Hayter terpaut delapan detik di belakang pembalap 22 tahun itu. Inilah kemenangan pertama Arensman dalam balapan ITT. Sekaligus kemenangan pertamanya di level WorldTour.

"Semuanya menanjak dengan kecepatan 40 km/jam. Jadi itu cukup cepat. Untungnya saya cukup cepat untuk mendapatkan kemenangan di etape ini. Saya sangat senang dengan kemenangan ini," ucap alumnus SEG Racing Academy tersebut.

Ethan Hayter (Ineos Grenadiers) kini berada di puncak klasemen overall

Medan yang harus dilalui para pembalap di etape ini memang tak mudah. Mereka harus nanjak menuju garis finis di Wierch Rusinski. Kabar baiknya, upaya keras itu membawanya ke posisi kedua di GC. Arensman terpaut sebelas detik dari Hayter yang berada di puncak.

Tour de Pologne 2022 akan memasuki etape pemungkas pada Jumat, 5 Agustus 2022. Arensman masih yakin bisa melakukan sesuatu di tahapan terakhir ini. Setidaknya, ia bisa meramaikan persaingan perebutan juara Tour de Pologne 2022.

"Saya pikir kami harus menghindari tabrakan saat masuk ke tiga kilometer terakhir, sebelum sprinter mengambil alih," ucapnya.

Sementara itu, Hayter senang lantaran mengambil alih puncak GC dari Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe). Kini pembalap muda Ineos Grenadiers itu berpeluang besar untuk menjuarai Tour de Pologne 2022. Meski demikian, Hayter tak mau sesumbar. Ia akan fokus di Etape 7 pada Jumat ini.

"Ini tidak seperti Tour de France yang berakhir di Paris. Masih ada 180 kilometer yang harus ditempuh dan apa pun bisa terjadi," katanya. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour de Pologne 2022 (Top Ten)
1. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM 17 menit 40 detik
2. Magnus Sheffield (Amerika Serikat), Ineos Grenadiers +7
3. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +8
4. Remi Cavagna (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +20
5. Marco Brenner (Jerman), Team DSM     +26
6. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +28
7. Samuele Battistella (Italia), Astana Qazaqstan +30
8. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +31
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +32
10. Mark Padun (Ukraina), EF Education-EasyPost +35

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers 24 jam 27 menit 3 detik
2. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +11
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +18
4. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +23
5. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +25
6. Remi Cavagna (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +31
7. Samuele Battistella (Italia), Astana Qazaqstan +32
8. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +32
9. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +45
10. Bruno Armirail (Prancis), Groupama-FDJ +50

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 102

Foto: Getty Images


COMMENTS