Pulang ke Bora-Hansgrohe diharapkan membuka peluang Sam Bennett untuk tampil di Tour de France 2022. Ia diproyeksikan menjadi sprinter utama serta bersaing dalam perebutan green jersey. Akan tetapi, kenyatannya tidak sesuai harapan. Pembalap asal Irlandia tersebut didepak dari skuad yang diboyong ke Prancis.

Bennett merupakan peraih jersey hijau di Tour de France 2020. Selain itu, ia juga memenangi dua etape pada saat itu. Namun, Bennett harus melewatkan Tour de France 2021 karena cedera. Sebagai gantinya, posisinya di tim Deceuninck QuickStep (sekarang QuickStep Alpha Vinyl) digantikan Mark Cavendish. Hasilnya, Cavendish berhasil merebut jersey hijau.

Bennett memutuskan pulang ke Bora-Hansgrohe ketika kontraknya di QuickStep habis pada penghujung 2021. Ia berharap mendapatkan tempat di Tour de France 2022. Sayang harapannya tidak diamini oleh tim pelatih serta manajemen. Mereka mencoret Bennett dan memilih mendukung Aleksandr Vlasov guna bersaing di General Classification (GC). Vlasov berakhir di peringkat lima di klasemen overall.

Sebagai gantinya, Bora-Hansgrohe memproyeksikan Bennett berlaga La Vuelta a Espana 2022 yang akan start 19 Agustus nanti. Bennett pernah berlaga di La Vuelta pada musim 2019 dan 2020. Ia mengantongi tiga kemenangan etape di panggung paling akbar di Negeri Matator tersebut. Sebagai persiapan menuju La Vuelta, ia berlaga di Tour de Pologne 2022.

Tour de Pologne 2022 adalah balapan pertamanya usai dicoret dari tim Bora-Hansgrohe untuk Tour de France. Masalahnya, Bennett tampaknya belum berada di performa terbaik. Ia melempem dalam adu sprint. Prestasi terbaiknya adalah finis kelima di Etape 2.

Jika tidak ada peningkatan, ia bisa didepak dari skuad untuk La Vuelta. Sekaligus mengulang cerita malangnya saat dicoret dari skuad Tour de France. Meski demikian, Bennett menyebut bahwa ia dalam progres menuju level terbaik. "Butuh beberapa saat. Tapi itu tidak lama. Kesempatan untuk membalap di La Vuelta masih mungkin," akunya dilansir Cyclingnews.

Sebelum berangkat ke La Vuelta, Bennett membuka peluang berlaga di Kejuaraan Eropa di Munchen, Jerman. Balapan untuk nomor Men Elite akan berlangsung 14 Agustus mendatang. "Saya akan membalap di sana dan melihat apa yang saya dapat di ajang itu," ucap Bennett. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: Getty Images


COMMENTS