Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) bukan satu-satunya pembalap yang absen di La Vuelta a Espana 2022. Grand Tour pemungkas musim 2022 itu terancam tidak diikuti Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Juara tiga musim terakhir La Vuelta ini masih dibekap cedera.

Roglic mengalami masalah sejak Itzulia Basque Country 2022 pada April lalu. Setelah rehat selama dua bulan, ia berhasil pulih dan tampil Critérium du Dauphiné 2022. Roglic juara di Dauphiné. Sekaligus menjadi modal untuk bertarung di Tour de France 2022.

Sayang, partisipasi Roglic di Prancis tidak sesuai harapan. Digadang sebagai salah satu kandidat juara, rider asal Slovenia ini justru tidak beruntung. Ia crash di Etape 5. Bahunya dislokasi. Meski menunjukkan tanda-tanda membaik di Etape 7, Roglic akhirnya menyerah. Ia mundur sebelum start Etape 15.

Roglic mengungkapkan bahwa asa yang tidak beres di punggungnya. Membuatnya harus menahan sakit selama berlomba di Prancis. Ia sudah berusaha bertahan. Tapi pada akhirnya ia harus mundur dari persaingan juara. Rekannya di Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard akhirnya menjuarai ajang ini.

Directeur Sportif Jumbo-Visma Merijn Zeeman yang memberikan keterangan singkat tentang perkembangan kondisi pembalap andalannya itu. Berbicara kepada Nederlandse Omroep Stichting (NOS), ia mengungkapkan bahwa cedera Roglic rupanya lebih parah dari yang dibayangkan.

Saat ini dokter tim Jumbo-Visma berupaya keras untuk mempercepat proses penyembuhan Roglic. Jumbo-Visma sendiri tidak mau berekspektasi terlalu tinggi. Mereka siap dengan kondisi apa pun. Termasuk jika Roglic harus absen di La Vuelta a Espana 2022.

"Tampil di La Vuelta akan sulit bagi Primoz. Akan tetapi kami belum mengeluarkan keputusan final. Kami masih melihat perkembangan dari proses pemulihannya. Kami berharap itu berhasil," kata Zeeman.

Roglic adalah juara tiga edisi terakhir La Vuelta. Mengingat kegagalannya di Prancis, Roglic berharap bisa membayarnya dengan menjuarai La Vuelta untuk kali keempat berturut-turut. Ia sudah ditunggu para pesaing tangguh seperti Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) dan Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: Eurosport


COMMENTS