Vingegaard Kalahkan Pogacar dan Pertahankan Yellow Jersey


Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) membalas kekalahannya atas Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) di Etape 17 Tour de France 2022. Pembalap asal Denmark berbalik menumbangkan Pogacar di Etape 18 pada Kamis, 20 Juli 2022. Kemenangan ini makin memantapkan posisi Vingegaard di puncak General Classification (GC).

Pekan ketiga Tour de France 2022 menjadi momen penentuan siapa peraih yellow jersey musim ini. Vingegaard dan Pogacar menjadi kandidat terkuat. Keduanya saling mengalkahkan di dua mountain stage terakhir di Tour de France musim ini.

Pogacar mengalahkan Vingegaard di Etape 17 di Peyragudes. Berselang sehari, giliran Vingegaard menundukkan Pogacar di Etape 18. Tahapan ini menempuh rute sepanjang 143,2 km dari Lourdes ke Hautacam. Terdapat tiga pendakian yang harus ditaklukkan. Dua di antaranya adalah tanjakan Hors Categorie (HC).

Vingegaard dan Pogacar benar-benar tidak terpisahkan sepanjang balapan. Sempat terjadi insiden kecil di mana Pogacar jatuh di sisa 30 kilometer. Vingegaard tidak memanfaatkan momen ini untuk tancap gas. Sebaliknya, ia jutru mengurangi kecepatannya dan menunggu Pogacar.

Vingegaard dan Pogacar saling menempel ketika mulai nanjak di Hautacam. Inilah tanjakan GC sepanjang 13,5 kilometer dengan gradien rata-rata 7,9 persen. Setelah menyalip Daniel Felipe Martinez (Ineos Grenadiers) dan Thibaut Pinot (Groupama-FDJ), Vingegaard dan Pogacar bersua Wout van Aert (Jumbo-Visma) di lima kilometer pemungkas.

Van Aert benar-benar luar biasa. Tidak hanya tampil sangat tangguh di tahapan ini, ia juga menjadi pengawal Vingegaard di sisa lima kilometer itu. Bahkan, ketika Pogacar melambat di sisa empat kilometer, Van Aert dan membawa Vingegaard untuk tancap gas.

Van Aert mengurangi kecepatannya di sisa tiga kilometer. Ia membiarkan Vingegaard melaju sendirian menuju garis finis. Lalu Van Aert menempel ketat Pogacar yang berusaha mengejar Vingegaard. Usaha Pogacar tidak membuahkan hasil. Vingegaard berhasil finis pertama di tahapan ini.

Pembalap asal Denmark itu menuntaskan Etape 18 dengan catatan waktu 3 jam 59 menit 50 detik. Pogacar jadi runner up dengan gap lebih dari satu menit. Sedangkan Van Aert mengunci tempat ketiga dengan selisih dua menit dari rekan setimnya itu. Inilah kemenangan kedua Vingegaard di Tour de France 2022.

"Pada pagi sebelum balapan, saya berbicara ke pasangan dan anak saya. Saya ingin memenangi tahapan ini untuk mereka. Rasanya luar biasa. Etape ini benar-benar sulit. Namun saya senang bisa memenangkannya," aku Vingegaard selepas balapan.

Tidak sekadar mendapatkan kemenangan etape, Vingegaard makin tidak tersentuh di puncak klasemen overall. Kini ia unggul lebih dari tiga menit dari Pogacar. Selain mempertahankan yellow jersey, Vingegaard juga merebut polkadot jersey sebagai simbol pemuncak tabel Mountains Classification.

"Saya sangat bahagia karena berhasil mempertahankan yellow jersey setelah Pyrenees. Wout tampil luar biasa. Rekan-rekan saya lainnya juga melakukan pekerjaan yang sangat baik," sanjung Vingegaard.

Setelah dihajar oleh tanjakan-tanjakan di Pyrenees, para climber mendapatkan waktu istirahat di Etape 19 pada Jumat, 22 Juli 2022. Tahapan ini menempuh rute flat sepanjang 188,5 kilometer. Pembalap start dari Castelnau-Magnoac menuju Cahors. (mainsepeda)

Hasil Etape 18 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 3 jam 59 menit 50 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +1:04
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +2:10
4. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +2:54
5. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +2:58
6. Aleksey Lutsenko (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +3:09
7. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +3:09
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +3:27
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +4:04
10. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +4:09

General Classification usai 18 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 71 jam 53 menit 34 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +3:26
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +8:00
4. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +11:05
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +13:35
6. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +13:43
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +14:10
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +16:11
9. Aleksey Lutsenko (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +20:09
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +20:17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 99

Foto: Getty Images , ASO


COMMENTS