500 Pembalap Tampil di Kejurnas Balap Sepeda 2022


Kejurnas Balap Sepeda 2022 di Banyuwangi akan dimulai pada Sabtu, 16 Juli 2022. Kota di ujung timur Pulau Jawa itu menjadi tuan rumah untuk nomor Road dan sepeda gunung (MTB). Sebanyak 500 pembalap dari 27 provinsi akan bersaing untuk memperebutkan jersey Merah Putih.

Balapan di nomor Road berlangsung pada 15–18 Juli. Sementara itu, rangkaian lomba di nomor MTB dilaksanakan pada 19–24 Juli. Kejurnas Road dan MTB 2022 akan melombakan empat kelompok usia, Yakni elite, U-23, junior, dan youth.

"Yang jelas pesertanya 500 orang. Jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan Kejurnas Balap Sepeda," kata Sekretaris Jenderal PB ISSI Parama Nugroho dalam keterangan resminya pada Jumat, 15 Juli 2022.

Kejurnas Balap Sepeda 2022 melombakan total 70 nomor. Disiplin Road terdiri atas tiga lomba, yakni Individual Time Trial (ITT), Individual Road Race (IRR), dan Criterium. Sementara itu, nomor MTB melombakan Cross-Country Eliminator (XCE), Cross-Country Olympic (XCO), Cross-Country Relay (XCR), Downhill, dan Enduro.

Ketua ISSI Banyuwangi Guntur Priambodo menyebut seluruh peserta sudah tiba di Banyuwangi. Bahkan banyak peserta yang sudah menjajal rute yang akan dilahap para pemalap dalam Kejurnas nanti. "Event ini bukan hanya olahraga, juga sebagai salah satu cara untuk mendongkrak perekonomian Banyuwangi," bilang Guntur.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berterima kasih kepada PB ISSI kesempatan untuk menjadi tuan rumah event besar sekelas Kejurnas Balap Sepeda 2022. "Ini merupakan dukungan kepada Banyuwangi untuk mengembangkan olahraga," ucap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Ramada Kusuma


COMMENTS