Pidcock Menang di Alpe d'Huez, Vingegaard Aman di Puncak GC


Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) tampil luar biasa di Alpe d'Huez di Etape 12 Tour de France 2022 pada Kamis, 14 Juli 2022. Juara dunia cyclocross 2022 tersebut menjadi yang tercepat di tahapan ini. Sekaligus menecetak kemenangan perdananya di Grand Tour.

Etape 12 menyuguhkan mountain stage kedua di pekan kedua Tour de France 2022. Para pembalap beraksi dari Briancon menuju puncak Alpe d'Huez. Panjang rutenya 165,5 kilometer. Medannya sangat berat karena peloton dihadapkan dengan tiga tanjakan Hors Categorie (HC), yakni Col du Galibier, Col de la Croix de Fer, dan Alpe d'Huez.

Pidcock menyegel kemenangannya di Alpe d'Huez melalui perjuangan yang luar biasa. Ia sudah memisahkan diri dari rombongan besar sejak 37 kilometer setelah start. Ia berhasil menjangkau Chris Froome (Israel-Premier Tech) yang terlebih dulu melakukan breakaway.

Kemudian tujuh pembalap lainnya berhasil menyusul Froome dan Pidcock. Giulio Ciccone (Trek-Segafredo) serta Neilson Powless (EF Education-EasyPost) termasuk di antaranya. Mereka membentuk grup kecil berisi sembilan orang di sisa 100 kilometer.

Komposisi di kelompok breakaway ini mulai terkikis setelah tanjakan kedua di Col de la Croix de Fer. Tersisa lima orang di baris terdepan. Ada Pidcock, Froome, Ciccone, Powless, dan rider asal Afrika Selatan, Louis Meintjes (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Mereka terpaut enam menit dari rombongan besar.

Kelima pembalap breakaway yang tersisa bertahan hingga tanjakan terakhir di Alpe d'Huez. Pidcock berhasil menuntaskan tahapan ini sebagai pemenang. Ia finis dengan catatan waktu 4 jam 55 menit 24 detik. Meintjes finis kedua dengan selisih 48 detik. Froome di tempat ketiga dengan gap 2 menit 6 detik.

"Saya adalah orang yang ambisius. Saya berada di sini untuk belajar dan saya telah belajar banyak," tegas peraih medali emas nomor Cross-Country Olympic (XCO) di Olimpiade Tokyo itu.

Pidcock selalu berusaha untuk menjangkau level pembalap top dunia seperti Wout van Aert (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). "Mereka berdua lebih tua dari saya dan lebih berpengalaman. Tetapi saya ambisius dan saya pikir saya memiliki ambisi yang lebih besar dalam balapan ini pada masa depan," terangnya.

Kabar baiknya, kemenangan ini membawa Pidcock kembali masuk di sepuluh besar General Classification (GC). Sementara puncak klasemen overall masih dikuasai Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). Pembalap asal Denmark itu bertarung ketat dengan Pogacar. Pogacar dan Vingegaard finis kelima dan keenam di Etape 12.

"Etape yang sangat berat namun saya lalui dengan baik karena kerja luar biasa dari rekan satu tim saya. Panas tidak membuatnya mudah. Saya tidak merasa buruk di etape ini, tetapi kaki saya tidak sebaik kemarin," ungkap Vingegaard. (mainsepeda)

Hasil Etape 12 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers 4 jam 55 menit 24 detik
2. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +48
3. Chris Froome (Wales), Israel-Premier Tech +2:06
4. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +2:29
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +3:23
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +3:23
7. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +3:23
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:26
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +3:26
10. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +3:32

General Classification usai 12 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 46 jam 28 menit 46 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:22
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +2:26
4. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +2:35
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +3:44
6. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +3:58
7. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +4:07
8. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +7:39
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +9:32
10. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +10:06

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Getty Images


COMMENTS