Perjalanan Mathieu van der Poel (Alpecin-Deceuninck) di Tour de France 2022 harus berakhir lebih cepat. Sang superstar asal Belanda ini memutuskan angkat kaki di tengah Etape 11 pada Rabu, 13 Juli 2022. Van der Poel mengakhiri kiprahnya di Prancis tanpa mendapatkan satu kemenangan pun.

Jagoan cyclocross ini termasuk dalam rombongan pembalap breakaway di awal Etape 11. Hanya saja, ia angkat tangan ketika mulai nanjak di Lacets de Montvernier, kurang dari 50 kilometer setelah start. Itu adalah tanjakan Kategori 2 sepanjang 3,5 kilometer dengan gradien rata-rata 7,9 persen.

Tak lama setelah belepotan di Lacets de Montvernier, Van der Poel akhirnya mengibarkan bendera putih. Belum ada penjelasan resmi dari Van der Poel tentang alasannya menarik diri di tengah Etape 11 Tour de France 2022. Hanya saja ia sempat mengeluh kesakitan di pekan pertama lalu.

"Sebenarnya saya merasa tidak enak badan selama beberapa hari. Hasil time trial juga di bawah standar saya. Jelas saya tidak berada dalam performa yang diharapkan." aku Van der Poel dalam wawancara dengan Nederlandse Omroep Stichting (NOS).

"Saya pikir memiliki persiapan yang baik. Sayangnya itu tidak berjalan baik," imbuh pemenang Tour of Flanders 2022 itu. Meski demikian, Van der Poel masih ingin berjuang di pekan kedua. Namun perjuangannya itu terhenti di tengah lomba Etape 11.

Ini adalah kali kedua beruntun Van der Poel gagal menuntaskan Tour de France. Sebelumnya, ia angkat kaki sebelum dimulainya Etape 9 Tour de France 2021. Kala itu Van der Poel memutuskan meninggalkan Prancis karena ingin fokus ke Olimpiade Tokyo.

Meski sama-sama gagal tuntas, pencapaiannya tahun lalu masih lebih baik. Van der Poel menang di Etape 2. Lalu mendominasi jersey kuning selama sepekan. Sementara prestasi terbaiknya tahun ini adalah finis kelima di Etape 1. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

foto: Getty Images


COMMENTS