Hiatus selama dua bulan tidak mengurangi kehebatan Tadej Pogacar. Pembalap UAE Team Emirates itu menjadi yang terbaik di Tour of Slovenia 2022 pada Minggu, 19 Juni 2022. Selain menjadi juara overall, Pogacar juga memenangkan dua etape di tanah kelahirannya tersebut.

Sebelum berlaga di Tour fo Slovenia, Pogacar kali terakhir balapan di La Flèche Wallonne 2022 pada 20 April lalu. Tour fo Slovenia merupakan event terakhirnya sebelum Tour de France 2022. Oleh sebab itu, ia ingin mendapat masa persiapan terbaik dengan menjuarai ajang ini.

Misi tyersebut berhasil direalisasi. Pogacar tampil apik dalam balapan lima etape itu. Ia memenangi dua tahapan di antaranya. Serta finis di peringkat tiga besar dalam empat tahapan di antaranya. Hasil ini menjadi modal Pogacar menyambut Tour de France yang akan dimulai pada 1 Juli mendatang.

"Saya merasa hebat," kata Pogačar kepada VeloNews. "Ini adalah pekan yang luar biasa, balapan luar biasa, dan kerja tim yang brilian. Semuanya luar biasa. Saya sangat-sangat senang memenangi etape pemungkas ini serta merebut gelar juara overall," imbuhnya.

Pogacar tidak hanya mengantongi dua kemenangan etape dan memuncaki General Classification (GC). Ia tidak tersentuh di pucuk tabel points classification dan peringkat dua di mountains classification. "Tour of Slovenia hampir memiliki segalanya. Kecuali tanjakan super besar, jalan berbatu, dan crosswinds," aku rider 23 tahun ini.

Sekarang Pogacar akan fokus ke Tour de France. Misinya sangat jelas, yakni hat-trick juara dalam balapan tiga etape terakbar di dunia itu. "Saya berharap tetap seperti ini sampai Tour de France. Kami memiliki mentalitas yang sama seperti di sini, di Tour of Slovenia," tegas Pogacar. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 92

Foto: Sprint Cycling Agency


COMMENTS