Hubungan Peter Sagan (TotalEnergies) dengan Covid-19 bak remaja yang kasmaran. Tidak terpisahkan. Sagan baru saja dinyatakan positif Covid-19 sebelum etape pemungkas di Tour de Suisse 2022 pada Minggu, 19 Juni 2022. Ini adalah kali ketiga Sagan terjangkit Covid-19 dalam 18 bulan.

Covid-19 menjadi masalah serius untuk Sagan. Ia kali pertama terjangkit pada Januari 2021. Membuatnya sempat melempem pada awal musim 2021. Kemudian, masalah serupa terjadi pada Januari 2022. Kali ini memberi dampak yang signifikan. Covid-19 seakan merebut magis Sagan di peloton.

TotalEnergies memutuskan untuk menarik sang superstar dari balapan. Sagan harus menepi selama dua bulan. Pelbagai terapi dan pola latihan dilakukan untuk mengembalikan performanya. Hasilnya sangat positif. Ia finis pertama di Etape 3 Tour de Suisse 2022 pada Selasa, 14 Juni lalu. 

Kemenangan itu menumbuhkan rasa percaya diri Sagan menjelang Tour de France 2022. Paling tidak, ini menjadi modal untuk merebut kemenangan etape. Atau bahkan meraih jersey hijau di Prancis.

BACA JUGA: Sagan Menang lagi usai Melempem Dihajar Covid-19

Akan tetapi, masalah lama muncul kembali di etape terakhir Tour de Suisse 2022. Sagan terpaksa melewatkan panggung terakhir karena dinyatakan positif Covid-19. "Sabtu kemarin, setelah berakhirnya Etape 7, saya dites Covid-19 bersama tim dokter TotalEnergies. Sayangnya hasilnya positif," tulis Sagan di akun media sosialnya.

Sagan mengabarkan bahwa kondisinya baik-baik saja. Ia positif Covid-19 tanpa gejala. "Saya merasa baik-baik saja. Akan tetapi, saya harus meninggalkan balapan. Saya berterima kasih atas dukungan Anda. Saya akan terus mengabari Anda," terang Sagan.

Belum ada keterangan dari TotalEnergies soal berapa lama Sagan harus diisolasi. Yang pasti ia harus berkejaran dengan waktu. Sebab Tour de France 2022 hanya tinggal dua pekan lagi. Jika tak kunjung membaik, bukan tidak mungkin Sagan akan dicoret dari skuad TotalEnergies untuk Tour de France 2022. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 91

Foto: Getty Images


COMMENTS