Bottas Bikin Balapan Gravel di Finlandia


Pembalap Formula One (F1) Valtteri Bottas telah merasakan sensasi balapan gravel saat berpartisipasi di SBT GRVL tahun lalu. Kini, kekasih pembalap sepeda profesional, Tiffany Cromwell itu mengumumkan event gravel di negara asalnya, Finlandia. Namanya FNLD GRVL.

Ada banyak pembalap F1 maupun MotoGP memilih bersepeda sebagai olahraga untuk menjaga tubuh selalu fit. Bottas adalah salah satunya. Tak sekadar hobi, pembalap 32 tahun itu bahkan terjun di SBT GRVL pada Agustus 2021. Ia menempuh rite sejauh 64 mil, sekitar 102,9 kilometer. Hasilnya ia finis kedua untuk kategori usianya.

Sekarang, Bottas bersama penyelenggara SBT GRVL membuat FNLD GRVL. Event ini akan berlangsung di kota asal Bottas di Lahti, Finlandia. Lokasinya sekitar satu jam di utara Helsinki, ibu kota negara tersebut. Ajang ini dijadwalkan pada Juni 2023.

"Kami mencoba untuk menciptakan pengalaman bersepeda yang hebat seperti Steamboat. Di mana orang dapat membawa keluarga dan teman mereka ke acara akhir pekan yang menyenangkan bagi semua orang," ucap Amy Charity, salah satu pendiri SBT GRVL kepada VeloNews.

Bottas finis kedua di SBT GRVL pada Agustus 2021

Charity menceritakan, ide untuk membuat FNLD GRVL tercetus setelah Bottas berpartisipasi di SBT GRVL tahun lalu. Charity menyebut FNLD GRVL akan memiliki unsur balap sekaligus punya elemen fun-nya. Mirip dengan kemasan acara di SBT GRVL.

"Saya telah gowes di medan gravel di sekitar kampung halaman saya di Lahti selama bertahun-tahun. Kemudian menemukan SBT GRVL di Steamboat Springs. Saya terkesan dengan acara mereka. Saat Amy Charity dan Chris Lyman mengajak saya bermitra untuk membuat balapan di Finlandia, saya melihatnya sebagai peluang luar biasa untuk membangun sesuatu yang sama spesialnya di Lahti," terang Bottas. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 86

Foto: SBT GRVL


COMMENTS