Tiga kemenangan telah dikantongi Arnaud Demare (Groupama-FDJ) di Giro d'Italia 2022. Pembalap asal Prancis itu menjadi yang tercepat di Etape 13 pada Jumat, 20 Mei 2022. Kemenangan ini mempertegas posisinya di puncak points classification.

Demare benar-benar tampil on fire di Giro tahun ini. Hingga berakhirnya Etape 13, ia menjadi pembalap dengan koleksi kemenangan terbanyak di ajang ini. Demare mengantongi tiga kemenangan. Podium terakhirnya terjadi di Etape 13.

Tahapan ini membawa peloton bergerak dari San Remo menuju Cuneo. Total jaraknya 150 kilometer. Pembalap dibawa naik ke Colle di Nava. Ini adalah tanjakan Kategori 3 sepanjang 10,1 kilometer dengan gradien rata-rata 6,8 persen.

Tahapan ini diakhiri dengan adu sprint di Cueno. Demare benar-benar dalam posisi strategi. Sprinter kawakan, Mark Cavendish sudah mencoba untuk menggagalkan kemenangannya. Namun upaya pembalap QuickStep Alpha Vinyl itu menemui jalan buntu. Demare menjadi yang pertama menyentuh garis finis.

Demare menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 3 jam 18 menit 16 detik. Phil Bauhaus (Bahrain Victorious) dan Cavendish harus puas di posisi kedua dan ketiga. "Ini adalah hari yang luar biasa," kata Démare setelah finis.

Menurutnya, ia harus bersaing dengan para pembalap top di kilometer pemungkas. Beruntung timnya sangat siap dengan pertarungan para kereta cepat ini. "Kami memiliki semua elemen yang siap untuk bekerja. Semua orang melakukan pekerjaan dengan sempurna," terangnya.

Kemenangan ini makin memantapkan posisi Demare di points classification. Ia unggul jauh atas Cavendish dan Fernando Gaviria (UAE Team Emirates). Demare berhak mengenakan maglia ciclamino (jersey ungu). Jika terus konsisten, Demare bisa membawa pulang jersey ungu hingga pekan ketiga Giro nanti.

Tahapan ini tidak cukup untuk menggoyahkan posisi Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo) dari puncak General Classification. Pembalap asal Spanyol ini tetap berhak mengenakan jersey pink di Etape 14 pada Sabtu, 21 Mei 2022. (mainsepeda)

Hasil Etape 13 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ 3 jam 18 menit 16 detik
2. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
3. Mark Cavendish (Inggris), QuickStep Alpha Vinyl +0
4. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
5. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
6. Simone Consonni  (Italia), Cofidis +0
7. Dries de Bondt (Belgia), Alpecin-Fenix +0
8. Giacomo Nizzolo (Italia), Israel - Premier Tech +0
9. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën +0
10. Tobias Bayer (Austria), Alpecin-Fenix +0

General Classification usai 13 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo 54 jam 37 menit 23 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +12
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +12
4. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +20
5. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +28
6. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +29
7. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +54
8. Emanuel Buchmann  (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:09
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:22
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:23

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85

Foto: Getty Images


COMMENTS