De Gent Menang Lagi di Giro Setelah Satu Dekade


Usianya sudah 35 tahun. Namun hal ini tidak menghalangi kehebatan Thomas De Gent di kasta tertinggi arena balap sepeda. Pembalap tim Lotto Soudal itu menjadi yang tercepat di Etape 8 Giro d'Italia 2022, Sabtu (14/5). Inilah kemenangan pertama De Gent pada musim ini.

Memasuki tahun ketujuhnya di Lotto Soudal, De Gent masih menjadi andalan tim yang terdaftar di Belgia itu. Ia terdaftar dalam skuad Lotto Soudal untuk Giro d'Italia 2022. Berselang sebulan setelah berkiprah di Negeri Pisa, ia akan tampil di Tour de France.

Kepercayaan yang diberikan Lotto Soudal itu berbuah prestasi yang ditorehkan De Gent di Etape 8 Giro 2022. Ia berhasil menjadi yang tercepat di tahapan ini. Ia melibas rute sepanjang 153 kilometer di Napoli dengan catatan waktu 3 jam 32 menit 53 detik.

De Gent mengungguli Davide Gabburo (Bardiani-CSF-Faizanè) dan Jorge Arcas (Movistar). Inilah kemenangan pertama De Gent selama lebih dari satu tahun. Ia kali terakhir naik podium di Etape 7 Volta Ciclista a Catalunya 2021 pada Maret tahun lalu.

"Hari ini adalah salah satu hari yang cocok untuk saya. Tahapan ini terlihat sedikit seperti etape Barcelona di Volta a Catalunya. Selalu naik turun," ungkap De Gent seusai lomba.

Selain itu, ini adalah kemenangan pertama De Gent di Giro setelah satu dekade. Ia tali terakhir naik podium di lomba terbesar di Italia itu pada 2012. Kala itu ia menjadi yang terbaik di Etape 20 Giro 2012. "Setelah sepuluh tahun menang di Stelvio, akhirnya saya menang lagi di Giro," ucapnya.

Kemenangan De Gent di Etape 8 tak lepas dari upayanya di awal lomba. Ia melakukan breakaway bersama 20 pembalap lainnya di 15 kilometer setelah start. Selain De Gent, ada Biniam Girmay (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux), Guillaume Martin (Cofidis), hingga Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) di kelompok ini.

Grup breakaway mulai terpecah di sisa 50 kilometer. Lalu ada empat pembalap dalam kelompok terdepan. De Gent termasuk di antaranya. Ia tidak sendirian. Rider asal Belgia itu didukung rekan setimnya di Lotto Soudal, Harm Vanhoucke.

Keempat pembalap tersebut terus bersama hingga kilometer terakhir. De Gent mengakhiri perjuangannya dengan sempurna. Ia mengalahkan Gabburo dan Arcas dalam adu sprint di Napoli.

"Jika Anda bertanya kepada saya dua minggu lalu, apakah saya bisa memenangkan satu tahapan di Giro, saya akan mengatakan tidak. Sebab saya sadar tidak dalam kondisi bagus. Tapi sekarang kaki saya benar-benar dalam kondisi prima," imbuhnya.

Sementara itu jersey pink (maglia rosa) masih menjadi milik Juan Pedro Lopez (Trek-Segafredo). Pembalap asal Spanyol tersebut belum tergoyahkan di puncak General Classification (GC).

Menutup pekan pertama Giro 2022, para pembalap akan nanjak menuju puncak Blockhaus di Etape 9, Minggu (15/5). Tahapan ini dimulai dari Isernia. Panjang rutenya 191 kilometer. Lima tanjakan menjadi menu utama di etape ini. Blockhaus termasuk di antaranya. Ini adalah tanjakan sepanjang 13,7 kilometer dengan gradien rata-rata 8,5 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Thomas De Gent (Belgia), Lotto Soudal 3 jam 32 menit 53 detik
2. Davide Gabburo (Italia), Bardiani-CSF-Faizanè +0
3. Jorge Arcas (Spanyol), Movistar +0
4. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +4
5. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +15
6. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +15
7. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +15
8. Wout Poels (Belanda), Bahrain - Victorious +33
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +33

General Classification usai 8 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo 32 jam 15 menit 31 detik
2. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +38
3. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +58
4. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +1:06
5. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:42
6. Mauri Vansevenant (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +1:47
7. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:55
8. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:58
8. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious + 2:00
10. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +2:04

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 84

Foto: Getty Images


COMMENTS