Van der Poel Rebut Maglia Rosa Pertama


Debut Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) di Giro d'Italia 2022 benar-benar indah. Pembalap asal Belanda itu memenangi Etape 1, Jumat (6/5) malam waktu Indonesia. Kemenangan ini membuat Van der Poel mengenakan maglia rosa (pink jersey) di Etape 2 nanti.

Giro d'Italia 2022 dibuka di Budapest. Para pembalap bertolak dari ibu kota Hungaria itu menuju Visegrád. Total jaraknya 195 kilometer. Mayoritas medannya memang flat. Namun, para pembalap harus uphill sprint menuju Visegrád. Panjang tanjakannya 5.5 kilometer dengan gradien rata-rata 4,2 persen.

Dua anggota tim Drone Hopper-Androni Giocattoli Mattia Bais dan Filippo Tagliani belakukan breakaway sejak start. Mereka nyaris tidak terkejar, hingga terpaut sebelas menit dari peloton. Setelah memimpin selama 180 kilometer, keduanya tertangkap di sisa 14 kilometer.

Setelah itu tim-tim mulai menata kereta cepatnya di sepuluh kilometer tersisa. Alpecin-Fenix dominan dengan menempatkan lima pembalap di rombongan besar. Salah satunya Van der Poel. Pembalap asal Belanda menuntaskan perjuangan timnya dengan sempurna. Ia berhasil finis pertama di etape pembuka Giro 2022.

Van der Poel menyelesaikan balapn ini dengan catatan waktu 4 jam 35 menit 28 detk. Posisi kedua dan ketiga diduduki Biniam Girmay (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) dan Pello Bilbao (Bahrain Victorious). Hasil ini mengantarkan Van der Poel meraih maglia rosa pertamanya di Giro tahun ini.

Van der Poel sangat bahagia sekaligus bangga. Kemenangan di Etape 1 Giro 2022 melengkapi kiprah manisnya di Grand Tour. Sebelumnya, Van der Poel berhasil mengenakan yellow jersey di pekan pertama Tour de France 2021.

"Luar biasa. Saya pernah mengenakan jersey kuning. Kini saya berhasil meraih jersey merah muda. Sekarang tim akan melihat apa saja yang akan terjadi di time trial di Etape 2. Saya akan mencoba lagi. Tentu saja itu sulit, tetapi saya akan mencoba," ucap Van der Poel selepas balapan.

Sementara itu, nasib buruk menimpa Caleb Ewan (Lotto Soudal). Sprinter asal Australia itu terjatuh di beberapa meter menuju finis. Pembalap 27 tahun ini sebenarnya masih bersaing dengan Van der Poel dan Girmay di sisa 50 meter. Tak lama kemudian, ia mencium aspal setelah roda depannya menyentuh roda belakang Girmay.

"Sayangnya Caleb menyentuh roda belakang Girmay yang menyebabkan ia jatuh tepat sebelum garis finis. Terlepas dari beberapa lecet, Caleb tidak mengalami cedera parah. Ia bisa memulai balapan ITT di Etape 2," bunyi keterangan singkat tim Lotto Soudal selepas balapan.

Selanjutnya, Etape 2 bakal menghadirkan balapan Individual Time Trial (ITT) di Budapest. Panjang rutenya 9,2 kilometer. Peloton harus mendaki tanjakan sepanjang 1,3 kilometer dengan gradien rata-rata 4,7 persen untuk mencapai garis finis. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 35 menit 28 detk
2. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert +0
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +0
4. Magnus Cort (Denmark), EF Education-EasyPost +0
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
6. Richard Carapaz (Ekuador) Ineos Grenadiers +0
7. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +0
8. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0
9. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën + 4
10. Mattias Skjelmose Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +4

General Classification usai 1 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 35 menit 18 detk
2. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert +4
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +6
4. Magnus Cort (Denmark), EF Education-EasyPost +10
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +10
6. Richard Carapaz (Ekuador) Ineos Grenadiers +10
7. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +10
8. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +10
9. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën + 14
10. Mattias Skjelmose Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +14

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: RCS Sport


COMMENTS