Van Aert Tak Target Juara Liège–Bastogne–Liège


Wout van Aert (Jumbo-Visma) tidak memasang target juara di Liège–Bastogne–Liège 2022 pada Minggu (24/4) ini. Meski demikian, ia yakin bisa berbuat sesuatu dalam lomba berjuluk La Doyenne (The Old Lady) tersebut. Ini adalah debut Van Aert di balapan balapan Monumen tertua di dunia itu.

Liège–Bastogne–Liège sebenarnya tidak termasuk dalam agenda pembalap 27 tahun itu. Justru Primoz Roglic lah yang seharusnya tampil dalam balapan ini. Roglic adalah pemenang Liège–Bastogne–Liège 2020.

Semua berubah pada awal April ini. Van Aert terjangkit Covid-19. Ia terpaksa absen di Tour of Flanders serta Amstel Gold Race. Di sisi lain, Roglic mengalami cedera lutut. Ia tak akan berlomba hingga Juni mendatang demi fokus di Tour de France 2022.

Maka Van Aert lah yang dipasang di Liège–Bastogne–Liège. Karena belum pernah sekalipun merasakan balapan ini, tak heran apabila Van Aert tidak melambungkan target tinggi di Liège–Bastogne–Liège 2022.

"Saya memberi diri saya kesempatan kecil untuk menang. Yang besar adalah untuk mendapatkan hasil yang bagus," kata Van Aert kepada Het Nieuwsblad setelah cek rute Liège–Bastogne–Liège 2022.

Van Aert menyebut debutnya di Liège–Bastogne–Liège sebagai kesempatan bagus dan menunjukkan pentingnya mengenal Ardennes Classic. "Akan bagus untuk masa depan saya setelah balapan di sini. Saya yakin saya bisa melakukan sesuatu di sini. Kalau tidak, saya tidak akan memutuskan untuk start," terang.

Sementara itu, Jumbo-Visma mempersiapkan skuad tangguh untuk mendukung Van Aert di Liège–Bastogne–Liège. Ia akan dikawal Jos van Emden, Jonas Vingegaard, Sam Oomen, Tiesj Benoot, serta Tosh van der Sande. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 82

Foto: ASO


COMMENTS