Ullrich Lelang Sepeda untuk Ukraina


Legenda balap sepeda asal Jerman, Jan Ullrich melelang sepeda Pinarello kuning miliknya dari Tour de France 1998. Hasil lelangnya diserahkan ke salah satu lembaga sosial asal Jerman, Ein Herz für Kinder (A Heart for Children). Kemudian disalurkan ke Ukraina.

Sepeda ini dipersiapkan jika Ullrich menjuarai Tour de France 1998. Ullrich memimpin General Classification (GC) hingga berakhirnya Etape 14. Adalah Marco Pantani yang membuat mimpirnya ambyar. Pembalap Italia tersebut mengambil alih jersey kuning di Etape 15. Lalu menguasainya hingga berakhirnya Etape 21.

Alhasil, meski sudah disediakan, sepeda ini belum pernah Ullrich. Sebab gelar juara Tour de France 1998 letas ke tangan Pantani. Kini sepeda itu telah dilelang. Penawaran tertinggi untuk sepeda ini adalah 40.100 euro, sekitar Rp627 juta.

"Saya melelang sepeda ini untuk kepentingan kampanye 'A Heart for Children'. Guna mendukung transportasi bantuan dan mendukung anak-anak yang sakit dan yatim piatu di Ukraina," kata Ullrich.

Ullrich bukan satu-satunya mantan pembalap sepeda profesional yang melelang barang-barang pribadi untuk Ukraina. Mantan pembalap asal Jerman, Tony Martin melelang medali perak yang didapat di Olimpiade 2012. Medali itu ditawar 25.000 euro. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Jan Ullrich


COMMENTS