Tour of Flanders 2022 Tanpa Sagan, Van Aert, dan IPT


Balapan paling besar di Belgia, Tour of Flanders 2022 (nama aslinya Ronde van Vlaanderen) berlangsung hari ini (3/4). Tour of Flanders adalah balapan Monumen kedua pada tahun ini setelah Milan-San Remo.

Tour of Flanders 2022 membawa para pembalap bertolak dari Antwerp menuju Oudenaarde. Total panjang rutenya 272,5 kilometer. Terpanjang dalam dua dekade terakhir.

Salah satu one day race terbesar di dunia ini terkenal akan tanjakan-tanjakan curam, seperti Peterberg atau Koppenberg. Serta jalanan berbatu cobble.

Dalam sejarahnya, Tour of Flanders telah dimenangi oleh pembalap-pembalap strong. Seperti Fabian Cancellara, Peter Sagan, Philippe Gilbert, hingga idola masa kini Mathieu van der Poel.

Kasper Asgreen yang memenangi Tour of Flanders 2021, kembali hadir pada tahun ini. Ia akan menjadi andalan skuad QuickStep Alpha Vinyl.

Tadej Pogacar menjadi salah satu penantang di Tour of Flanders 2022

Asgreen wajib bekerja keras untuk mempertahankan mahkotanya. Sebab Tour of Flanders 2022 diikuti pembalap top lainnya, seperti Van der Poel hingga Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Tanjakan-tanjakan pendek benar-benar rumit. Tetapi, saya pikir jarak jauh di Flanders sedikit membantu saya. Serta cuaca dinginnya juga," ucap Pogacar.

Sayang, tidak ada nama Wout van Aert dalam daftar pembalap yang akan start di Antwerp. Pembalap termahal tim Jumbo-Visma ini terpaksa absen karena positif Covid-19.

Van Aert Positif Covid-19, Absen di Tour of Flanders

Pun demikian dengan Peter Sagan. Rider asal Slovakia itu memilih pulang ke Monako setelah Gent-Wevelgem. Ia akan menjalani serangkaian tes medis untuk mencari jawaban atas penurunan performanya pada awal musim ini.

Selain itu, tim Israel-Premier Tech (IPT) juga memutuskan tidak menurunkan tim di Tour of Flanders musim ini. Tim ini berdalih sedang dihantam badai cedera. Selain itu, sejumlah pembalapnya juga positif Covid-19.

"Ini adalah situasi yang sangat disesalkan. Kami sangat kecewa harus mundur dari Ronde van Vlaanderen. Hal ini tidak diputuskan dengan mudah. Namun inilah satu-satunya opsi kami pada tahap sulit ini," terang Manajer tim Kjell Carlstrom. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 79

Foto: Getty Images


COMMENTS