Indonesia Raih Satu Perak di Asian Road Cycling Championships


Indonesia tidak pulang dengan tangan hampa dari Asian Road Cycling Championships 2022. Skuad Merah Putih berhasil membawa pulang satu medali perak dalam event yang digelar di Tajikistan pada 25-29 Maret itu.

Indonesia memboyong tujuh pembalap ke ajang ini. Lima di antaranya adalah pembalap putra, seperti Aiman Cahyadi, Dealton Nur Arif Prayogo, Selamat Juangga, Bernard van Aert, dan Terry Yudha Kusuma. Sedangkan dua pembalap putri Indonesia di Tajikistan adalah Ayustina Delia Priatna dan Gita Widya Yunika.

Tim ini tidak dibebani target tinggi. Sebab, ini adalah event internasional pertama yang diikuti setelah absen panjang karena pandemi Covid-19. Selain itu, target utama Indonesia adalah berprestasi di tingkat SEA Games di Haboi, Vietnam pada Mei 2022 nanti.

Hasilnya, Indonesia mampu meraih satu perah melalui Ayustina. Dara 24 tahun ini merebut perak di balapan ITT pada Minggu (27/3) lalu.

Lomba ITT berlangsung di rute sepanjang 24 kilometer di Kota Dushanbe. Rinata Sultanova (Kazakhstan) menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 33 menit 25 detik. Ayustina di peringkat dua dengan gap 38 detik. Tempat ketiga menjadi Tserenlkham Solongo (Mongolia).

"Kami tidak memiliki target muluk di ajang ini. Sebab ini adalah ajang try out untuk SEA Games di Hanoi. Jadi menjadi nomor satu di Asia Tenggara adalah pencapaian yang bagus dan menjadi modal pada SEA Games Hanoi nanti," terang Sport Scientist tim balap sepeda Indonesia, Donny Ardy Kusuma dalam keterangan resminya.

Selain tampil di ITT putri, Ayustina juga berlaga di nomor road race yang berlangsung kemarin. Akan tetapi, dia hanya finis ke-20.

Lomba yang menempuh rute sepanjang 111 kilometer pada Selasa (29/3) itu dimenangkan pembalap asal Vietnam Nguyen Thi That. Rider 29 tahun itu bukan nama sembarangan. Dia pernah memperkuat tim Lotto–Soudal Ladies. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: PB ISSI


COMMENTS